Header AD

DLH Sukabumi Usut Dugaan Pencemaran Sungai Cimahi Cibadak

Sungai Cimahi Cibadak Diduga tercemar, bangkai Ikan ditemukan di Sungai // Foto : Isep Panji

Sungai Cimahi Cibadak Diduga tercemar, bangkai Ikan ditemukan di Sungai // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Pasca ditemukannya sejumlah bangkai ikan yang diduga terpapar limbah di Sungai Cimahi Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi akan segera menurunkan Tim untuk melakukan pengecekan dugaan pencemaran Sungai.


Hal ini diungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedah Herlina saat ditemui TatarSukabumi.ID di Gedung Pendopo Sukabumi, Kamis (14/4/2019).


"Selama ini terus terang kami baru mendapat informasi, kami kalau sudah mendapatkan itu (info) kami langsung turun," tegas Dedah Herlina, Kamis (14/3/2019).


BACA JUGA : Bangkai Ikan dan Berbusa, Sungai Cimahi Cibadak Tercemar Limbah


Masih kata Dia, DLH akan mengusut secara intensif dari berbagai kajian serta uji tes laboratorium sehingga bisa menyimpulkan dari mana sumber dugaan pencemaran.


"Itu harus melalui pengecekan, kita tidak bisa langsung menyimpulkan apa. Kami akan melakukan pengecekan di Laboratorium tidak bisa asal, pencemarannya dari apa, dari mana, siapa, gitu," tukasnya.


Kondisi Sungai diduga tercemar, Foto pukul 00.00 WIB (Kamis /14/4)


Saat dikonfirmasi terkat proses hingga hasil uji lab untuk menyimpulkan dugaan pencemaran terhadap Sungai Cimahi Dedah belum bisa memastikan, "Tergantung berapa parameter yang diuji," ungkapnya.


BACA JUGA : Diduga Dibuang Bayi Perempuan Ditemukan Didepan Teras di Cireunghas


Ditempat yang sama, Kepala Bidang  Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) DLH Kabupaten Sukabumi, Suhebot Ginting menambahkan, selama ini secara reguler DLH terus memantau sungai - sungai yang ada di Sukabumi baik secara fisik maupun kandungan air didalamnya baik unsur biologis maupun unsur kimia.


"Ini menjadi perhatian Kami, memang Sungai Cimahi beberapa waktu ini masih kita monitor dari dugaan tercemar dan apabila ada biota biota yang terdampak langsung bisa kita lihat mudah mudahan bukan karena tercemar," ujar Suhebot Ginting.


Sungai Cimahi Cibadak Diduga tercemar, bangkai Ikan ditemukan di Sungai // Foto : Isep Panji

Sungai Cimahi Cibadak Diduga tercemar, bangkai Ikan ditemukan di Sungai // Foto : Isep Panji


Selanjutnya DLH akan melakukan pengecekan laporan rutin yang diterima DLH, baik secara laporan bulanan (internal) maupun laporan pertiga bulan (eksternal) dan menurutnya, hingga saat ini laporan yang diterima masih sesuai dengan baku mutu dan standar regulasi yang ada.


"Kita tidak bisa mengambil sample dari satu kejadian dan men-generalisir semuanya, yang paling valid itu pada saat kejadian kita langsung mengambil sample pada hari itu juga," jelasnya.


BACA JUGA : Pasca Terminal Cikembang Terbakar, Pedagang Minta Lahan Dikembalikan Jadi Aset Pemda


Diberitakan sebelumnya, Wahyu (39) Admin Komunitas Sukabumi Mancing Liar kepada TatarSukabumi.ID mendapati sejumlah ikan dalam kondisi bangkai nyaris disepanjang aliran Sungai, Kamis (14/3/2019).


Hal lainnya yang menguatkan dugaan tercemarnya Sungai Cimahi dengan kondisi air Sungai yang terpantau keruh, berbusa serta mengeluarkan bau yang cukup menyengat.(**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

DLH Sukabumi Usut Dugaan Pencemaran Sungai Cimahi Cibadak DLH Sukabumi Usut Dugaan Pencemaran Sungai Cimahi Cibadak Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 14, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads