Header AD

Dikhawatirkan Ambruk, Jembatan Sungai Cibening Purabaya Butuh Rehab

Jembatan Cipari  Desa Neglasari Purabaya // Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID Jembatan Cipari yang membentang di atas aliran Sungai Cibening, dikawasan Kampung Cipari RT 03 / RW 01 Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya - Sukabumi kondisinya cukup memprihatinkan.


Jembatan gantung tua dengan panjang 28 meter dan lebar 1 meter, kondisinya telah usang dimakan usia dan mengalami kerusakan pada beberapa bagian di khawatirkan roboh.


Pemdes Neglasari mengaku hingga saat ini belum bisa membangun jembatan tersebut, hal ini dibenarkan Kepala Desa Neglasari, Lili Rahman menyatakan kondisi jembatan diwilayahnya yang dikhawatirkan ambruk.


Informasi yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID Jembatan gantung ini di bangun pada pertengahan tahun 2004 silam, Pemdes Neglasari mengaku belum bisa melakukan rehabilitasi jembatan karena anggaran pembangunan yang diperkirakan cukup besar.


BACA JUGA : 2 Menteri Datangi Sukabumi, Pemkab Minta Program Terapan yang Sesuai Bagi Iklim Sukabumi


"Tahun sebelumnya pihak Desa akan menggangarkan anggaran 100 juta (untuk jembatan), cuma menurut konsultan jika pembangunan ini di angka 100 juta akan kurang, kalau angaran 100 juta takutnya tidak beres nanti Desa juga yang repot," ujar Lili Rahman, Senin (18/3/2019).


Lebih jauh Lili Rahman menjelaskan, Pemdes Neglasari sempat beberapakali mengajukan permohonan rehabilitasi ke Pemerintah Kabupaten hingga ke Pemerintah Pusat Sektor Kemaritiman.


"Sepertinya belum ada tanggapan. Jembatan ini sangat pital sebagai penghubung 2 kadusunan, banyak anak sekolah dari kadusunan cirambutan menuju sekolah yang melintas Sungai," jelas Lili.


BACA JUGA : Viral Video Kades di Sukabumi Deklarasikan Dukung Calon Presiden


Jembatan ini meruapakan akses jalan alternatip bagi warga, jika tidak melintas jembatan, warga terpaksa berputar arah cukup jauh untuk bisa mencapai jalur jalan utama.


"Kalo lewat sini paling cuma 10 menit menuju Sekolah, kalau memutar anak Sekolah harus naik motor sangat jauh,  juga ini merupakan salah satu akses warga terdekat untuk membawa hasil pertanian." jelasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Dikhawatirkan Ambruk, Jembatan Sungai Cibening Purabaya Butuh Rehab Dikhawatirkan Ambruk, Jembatan Sungai Cibening Purabaya Butuh Rehab Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Maret 18, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads