Header AD

Diduga Bikin Rusak Jalan, Kendaraan Berat Perusahaan di Ciemas Belum Tempuh Izin

kendaraan bermuatan berat milik salah satu perusahaan di Ciemas Sukabumi // Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID -  Sejumlah Warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas mengeluhkan akses jalan Kabupaten mengalami kerusakan yang diduga akibat lalu lalangnya kendaraan yang dinilai melebihi kapasitas muat menuju salah satu perusahaan yang berada di kawasan tersebut.


Informasi terhimpun, beberapa kerusakan terjadi disepanjang Ruas Jalan Pal 3 - Tamanjaya yang diduga disebabkan oleh kendaraan Truk Kontainer bermuatan berat yang dipaksakan melintasi jalan Kabupaten penghubung ruas jalan Provinsi yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu itu.


BACA JUGA : Niat Evakuasi Kontainer, Crane Ikut Terjebak Jalan Palabuhanratu - Surade Macet Total


Menurut pengakuan warga, kerusakan jalan terjadi akibat kendaraan yang melintas diduga membawa beban muat yang melebihi kapasitas (over load).


Peristiwa terakhir terjadi saat Truk Kontainer pengangkut barang industri milik salah satu perusahaan pertambangan emas yang berada di Kecamatan Ciemas melintas dan diduga mengakibatkan sejumlah kerusakan.


BACA JUGA : Kontainer Pembawa Alat Berat Terjebak, Jalan Palabuhanratu - Surade Macet Total


Dampak kerusakan tidak hanya terjadi pada ruas jalan Kabupaten, kerusakan juga terjadi di ruas jalan Provinsi serta 1 jembatan ditengarai mengalami retak.


Hal ini diungkap Kepala Sub Unit Pengelolaan (KSUP 4) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jabar Wilayah Kabupaten Sukabumi, Entis Sutisna.


BACA JUGA : Marwan Hamami Minta Pembangunan Lanjutan ke Jokowi, Luhut : Sukabumi Harus Hebring


Entis mengatakan, Pihaknya telah mendapat pengaduan dan beberapa pertanyaan dari Masyarakat terkait banyaknya mobil berukuran besar yang melintas di Jalan tersebut.


Saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID terkait perizinan yang telah dikeluarkan Dinas Pekerjaan Umum Prov Jabar, Entis mengatakan jika sejak awal Pihaknya tidak pernah menerima izin kendaraan berkekuatan berat untuk melintas di Jalan tersebut.


"Bahkan sampai sekarang pun perusahaan PT Wilton Wahana Indonesia, belum ada yang datang ke kantor untuk mengurus surat ijin Amdalalinnya," ujar Entis Sutisna, Senin [11/03/2019].(*)


reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Diduga Bikin Rusak Jalan, Kendaraan Berat Perusahaan di Ciemas Belum Tempuh Izin Diduga Bikin Rusak Jalan, Kendaraan Berat Perusahaan di Ciemas Belum Tempuh Izin Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Maret 11, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads