Header AD

Di Jabar 5 WNA Masuk DPT Pemilu 2019, Bawaslu Angkat Bicara

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Provinsi Jawa Barat,  Zaki Hilmi // Foto : Isep Panji

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Provinsi Jawa Barat,  Zaki Hilmi // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Provinsi Jawa Barat,  Zaki Hilmi kunjungi Gudang Logistik KPUD Kabupaten Sukabumi dalam langka peninjauan proses sortir dan lipat Surat Suara Pemilu 2019, Kamis (7/3/2019).


Ditemui di Gudang Logistik KPUD Kabupaten Sukabumi di Jalan Perintis Kemerdekaan Cibadak, saat singgung terkait kasus Warga Negara Asing (WNA) yang tercatat kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 Zaki membenarkan atas kejadian ini, dan Bawaslu Provinsi Jabar telah melakukan rekomendasi untuk pencoretan WNA yang terdaftar dalam DPT.


BACA JUGA : Wilayah Potensi Konflik Pemilu 2019 di Sukabumi, Kapolres Sukabumi Angkat Bicara


Zaki menegaskan yang berhak memberikan hak pilih pada Pemilu 2019 hanyalah Warga Negara Indonesia sehingga WNA dipastikan tidak ada yang memberikan hak suara di Pemilu 2019 mendatang.


"Terkait hasil temuan terbaru WNA yang masuk kedalam DPT di Jawa barat, setelah di Cianjur ini ditemukan 5 WNA yang masuk kedalam DPT, kita sudah berikan rekomendasi untuk dilakukan proses pencoretan dan melakukan faktualisasi, jadi dari 103 data yang dirilis KPU-RI di Jawa Barat itu ditemukan 5," jelas Zaki, Kamis (7/3/2019).


BACA JUGA : 668 Surat Suara DPD Rusak, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi : Nanti Kita Plenokan


Lebih jauh menurut Zaki, kelima WNA yang masuk kedalam DPT selain di Karawang, "Di Ciamis 2, kalau di Bandung tidak ada, masih kita sedang telusuri dan belum bisa memastikan, di Cianjur sudah diselesaikan cuman 1 itu aja dari 17 WNA cuma satu dan sudah selesai dilakukan pencoretan," terang Zaki.


Saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID terkait penyebab lolosnya WNA dan terdaftar di DPT Zaki menyebutkan Pihaknya masih melakukan penelusuran.


"Banyak potensi sumber masalah dari temuan itu apakah memang dari DP4-nya ada masuk WNA dalam DPT, ataukah saat pemutakhiran oleh operator Sidalih-nya ini yang harus kita selusuri jadi bisa saja dari DP4 nya karena di NIK KTP el WNA itu tidak ada pembeda khusus," ujar Zaki.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Di Jabar 5 WNA Masuk DPT Pemilu 2019, Bawaslu Angkat Bicara Di Jabar 5 WNA Masuk DPT Pemilu 2019, Bawaslu Angkat Bicara Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Maret 07, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads