Header AD

Dana Desa Telat Turun, Camat Cicurug : Rata Rata Belum Selesai SPJ

Camat Cicurug Kabupaten Sukabumi, Wawan Gondawan // Foto : Rapik Utama

Camat Cicurug Kabupaten Sukabumi, Wawan Gondawan // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Dari 12 Desa se-Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, hingga pertengahan Maret 2019 hanya tercatat 2 Desa yang telah menerima penyaluran Dana Desa (DD) tahap awal tahun anggaran 2019.


Menanggapi permasalahan telatnya penyaluran Dana Desa di Wilayahnya, Camat Cicurug Kabupaten Sukabumi, Wawan Gondawan angkat bicara.


"Benar dari berapa proses baru mengajukan dua atau tiga Desa, belum seluruhnya, itupun masih tahap koreksi dan evaluasi, karena kita evaluasi yang tahap III (laporan sebelumnya) ada beberapa pertanggungjawaban yang belum selesai," jelas Wawan menenanggapi telatnya anggaran DD diwilayahnya, Senin (18/3/2019).


BACA JUGA : Desa se-Kabupaten Sukabumi yang Telah Serap Dana Desa Tahun Anggaran 2019


Lebih jauh Wawan menjelaskan, sejumlah Desa belum menyelesaikan persyaratan agar pencairan DD tahap awal tahun anggaran 2019 bisa segera turun diantaranya penyelesaian Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) pada tahun 2018 lalu.


"Bulan ini kita terus berproses ,ada beberapa desa yang sudah lolos terverifikasi, tetapi tahapan pencairan sih belum,"


"Pemerintah Kecamatan tidak mau ambil resiko, ya kan bila ada temuan inspektorat, ada kewajiban kita untuk melakukan monitoring evaluasi yaitu wasbin (pengawasan dan pembinaan), disitu ada beberapa kewajiban, ada pajak yang harus terpenuhi oleh mereka, ketika dia belum selesai SPJ rata-rata itu salah satunya," jelas Wawan kepada TatarSukabumi.ID.


BACA JUGA : Razia PKL di Sukabumi, Pedagang Kena Denda Tipiring


Disinggung terkait sinergitas antar unsur Kecamatan, Pendamping Lapangan Desa - Kecamatan hingga Pemerintahan Desa di wilayah Cicurug, Wawan menjelaskan Pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi dan menjalin sinergitas dengan seluruh unsur.


"Kita coba lakukan komunikasi dengan mereka, walau belum optimal juga pasti ada kendala, terkendala mungkin berbagai aspek, karena kita dalam tahapan evaluasi, tetapi kita selalu berkoodinasi, agar tahapan tersebut bisa ditempuh dengan baik. Kita Kecamatan juga sama melakukan upaya percepatan sehingga saya berharap ini bisa sukses tidak ada dampak yang sekiranya menjadikan Kepala Desa terjerat seperti itulah," beber Camat Cicurug.


Untuk Pemerintahan Desa, Pihak Kecamatan mengaku telah melaksanakan seluruh tahapan sesuai dengan ketentuan DPMD (Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa).


"Kita ada protap prosedur yang dilakukan dan Kita juga melakukan itu bukan menghambat mereka, tetapi untuk kepentingan mereka (Desa)" jelasnya. (**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Dana Desa Telat Turun, Camat Cicurug : Rata Rata Belum Selesai SPJ Dana Desa Telat Turun, Camat Cicurug : Rata Rata Belum Selesai SPJ Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Maret 19, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads