Header AD

UNBK Tingkat SMP Tahun 2019 Dengan Sistem Semi Online


TatarSukabumi.ID - Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Sukabumi melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau bisa disebut Computer Based Test (CBT), Senin (4/2/2019).


UNBK merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer dalam pelaksanaan UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini berjalan.


BACA JUGA : Tawuran Pelajar SMP di Cibadak, Puluhan Pelajar Diamankan


Salah satu sekolah yang melaksanakan simulasi UNBK yakni MTs Ihkwatul Iman yang berada di Kampung Cigadog RT 02 / RW 01 Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Ludyana Guru MTs Ihkwatul Iman kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, rencananya mulai tahun ajaran 2018 -2019 MTs  Ikhwanul Iman akan melakukan UNBK dengan sistem semi online.


"Penyelenggaraan UNBK dengan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), lalu ujian siswa dilakukan oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload)," beber Ludyana, Senin (4/2/2019).


BACA JUGA : Didemo Mahasiswa Terkait Kasus Korupsi Beras BPNT, Kajari : Tidak Bisa Cepat Menentukan Tersangka Lain


Simulasi ini diikuti 65 pelajar kelas IX dengan 3 mata pelajaran yang di ujian kan meliputi Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran Bahasa Indonesi dan IPA disimulasikan sejak pukul 07.30 WIB dan selesai pada pukul 16.00 WIB.


Hasil simulasi dinyatakan cukup memuaskan, seluruh pelajar dapat menyelesaikan simulasi tanpa kendala sesuai waktu yang terjadwal sehingga diharapkan, dalam pelaksanaan UNBK mendatang para pelajar mampu melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer sistem semi online.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

UNBK Tingkat SMP Tahun 2019 Dengan Sistem Semi Online UNBK Tingkat SMP Tahun 2019 Dengan Sistem Semi Online Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Februari 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads