TMMD ke-104 di Sukabumi, Inilah Seluruh Sasaran Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa

Kamis, 28 Februari 2019 - 00:00 WIB

TMMD ke-104 di Sukabumi, Inilah Seluruh Sasaran Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa
TMMD ke-104 di Sukabumi, Inilah Seluruh Sasaran Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa


TatarSukabumi.ID - Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 104 Tahun 2019 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi digelar di Lapang Bola Purwabakti Kampung Simpenan RT 03 RW 01 Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/2/2019).


Dengan mengusung tema Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.


Tujuan utama kegiatan ini adalah peran serta TNI dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI - Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.


BACA JUGA : Bahas Lahan Pertanian Berkelanjutan, DPRD Kabupaten Sukabumi Janjikan Jaminan Kesehatan Gratis Kepada Petani


Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Komandan Upacara Kapten Inf Heri Wilopo diikuti 400 Personel serta 1.500 Pelajar dan Warga Masyarakat.


Dalam amanatnya, inspektur upacara Marwan Hamami mengungkapkan Program TMMD merupakan program Bhakti TNI yang diselenggarakan secara lintas sektoral yang bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI, masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat serta mengokohkan kembali persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


BACA JUGA : Peringati Hari Lord Baden Powell ke -163 Gabungan Penegak Pramuka Kabandungan Gelar Kemah Konservasi dan Baksos


Lebih jauh menurut Orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi, Program TMMD ke 104 meliputi kegiatan pembangunan yang bersifat fisik serta non fisik.



"Salahsatu program ini adalah untuk membantu terwujudnya tugas pemerintah daerah dalam rangka pembangunan atau rehabilitasi fasilitas umum,"


"Sedangkan sasaran non fisik adalah terwujudnya tugas dalam rangka membantu pemerintah baik di bidang kesehatan, pendidikan, hukum, penyalahgunaan narkoba, upaya bela negara dan lain sebagainya," ujar Marwan Hamami, Selasa (26/2/2019).


BACA JUGA : Dipasang Police Line, Jembatan Ciheulang Jalan Alternatif Sukabumi - Bogor Nyaris Ambruk


Informasi terhimpun, kegiatan TMMD ke-104 rencananya akan dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 26 Februari hingga 27 Maret 2019.


Adapun sasaran kegiatan TMMD Ke -104 Tahun 2019 dalam pembangunan fisik  meliputi pengaspalan jalan sepanjang 5.500 meter dengan lebar 2,5 meter, pembangunan Jembatan sepanjang 24 meter dan lebar 4 meter, pembangunan 3 unit gorong - gorong dengan masing masing panjang 4 meter,  serta pembangunan 2 unit plat beton masing masing sepanjang 4 meter.


Sasaran tambahan pembangunan fisik lainnya adalah pemasangan 15 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) melakukan rehabilitasi Mushola, dan pembangunan 4 unit MCK.


Untuk sasaran kegiatan non fisik,  TNI akan melakukan penyuluhan meliputi 17 bidang pemerintahan, selain itu, dalam TMMD ke 104 TNI akan memberikan pelayanan kepada masyarakat meliputi pelayanan catatan sipil (casip), pelayanan akseptor KB, bhakti sosial pengobatan massal dan Khitanan massal, pelayanan pajak kendaraan, oembentukan organisasi remaja, pelayanan donor darah, dan Pameran Alutista serta Rekrutmen TNI.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

SUKABUMI TERKINI