Header AD

Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya

Festival Duren-Duren 2 Cikakak Palabuhanratu Sukabumi // Foto : Rapik Utama

Festival Duren-Duren 2 Cikakak Palabuhanratu Sukabumi // Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bersama Pemerintahan Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak menggelar Festival Duren-Duren 2 sekaligus kontes makan durian sepuasnya dengan hanya membayar 50 ribu rupiah di Lapang Batu Karut, Cikakak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Pantauan TatarSukabumi.ID, Acara ini akan digelar sejak 1 hingga 3 Februari 2019 mendatang yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan juga dihadiri Wakil Bupati, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622, ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Sukabumi serta Angota Dewan DPR-RI Reni Marlinawati dan Dewi Asmara.


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Di temui dilokasi acara, Aji Nurjaman selaku Ketua Panitia sekaligus Pengurus Karang Taruna Tunas Bakti Desa Sukamaju mengatakan, dalam Festival kali ini panitia telah mempersiapkan ribuan buah durian yang dihasilkan dari seluruh desa di Kecamatan Cikakak.


"Hampir 5 ribu buah durian dari 9 desa Sekecamatan Cikakak,"Kata Aji kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (1/2/2019).


Dalam Festival ini diadakan kontes Durian dengan penilaian berdasarkan beberapa kriteria oleh Dewan Juri.


"Kriteria penilan para juri meliputi rasa, ketebalan, warna, tekstur, aroma dan ukuran," ujar Aji.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Resmikan Sarana Air Bersih Program Kotaku di Cisaat


Menurut Aji, di Kecamatan Cikakak terdapat beragam varietas durian dan seluruh varietas unggulan tersebut akan ditampilkan dalam festival ini.


Setidaknya terdapat 13 varietas Durian khas Cikakak yang akan ditampilkan dalam Festival Duren- Duren 2  ini, buah Durian yang dikonteskan diantaranya Si Ibo, Si Vanesa milik Saebani, Si Legit milik E Sukandar, Si Hitam milik Ateng, Si Koclak, Balingbing milik Apud, Si Keupel, Si Madu, dan Durian Awi milik Ipey.


BACA JUGA : 7 Peristiwa Penting Bersejarah di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


Pantauan TatarSukabumi.ID dilokasi acara, meski sempat diguyur hujan sesaat sebelum acara dimulai, nampak ribuan pengunjung antusias mengikuti acara festival Duren-Duren 2 ini.


Selain kontes durian acara akan dirangkai dengan beragam acara lainya diantaranya olahan duren, bazar duren, makan duren dan disemarakan oleh pentas budaya seni diantaranya wayang golek, karinding, jipeng, Sorawi dan ditutup dengan tabligh Akbar.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi/ Asep. M-Rhe

Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Februari 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads