Header AD

Mengejutkan Vanessa Juarai Festival Duren-Duren di Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Kontes durian sekaligus makan durian sepuasnya bertajuk Festival Duren-Duren 2 diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bersama Pemdes Sukamaju, Kecamatan Cikakak berlangsung meriah di Lapang Batu Karut, Jumat (1/2/2019).


Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyampaikan penghargaan kepada panitia penelenggara yang telah menggagas acara sebagai ekspresi dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan dalam sektor pertanian dan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya


"Atas nama pribadi dan pemerintah berterimakasih kepada panitia penyelenggara, awalnya kami akan mengadakan festival tingkat kabupaten, tetapi tidak mengurangi ruang ekspresi bagi masing-masing kecamatan dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan di sektor pertanian guna mendukung potensi pariwisata di kabupaten Sukabumi," ungkap Marwan Hamami, Jumat (1/2/2019).


Selepas acara pembukaan Bupati Sukabumi beserta para tamu undangan lainya berkesempatan berkeliling arena Festival sekaligus mencicipi buah durian unggulan yang diturunkan dalam festival Duren-Duren 2 ini.


"Saya sudah berkeliling di mana yang ada durian, durian Malaysia Thailand, Kalimantan namun Durian Cikakak tidak kalah, contohnya si coklat, kalau kemarin kemarin ada Durian Gandaria tapi hari ini saya lebih cenderung si Coklat teksturnya lembut, warna coklat, rasanya manis, kulit dagingnya tebal dan harumnya tajam serta tidak beralkohol,  itu yang saya rasakan semua kalah dengan si Coklat," ujar Bupati mengomentari durian favoritnya.


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Sementara itu Aji Nurjaman selakunKetua Pelaksana kegiatan sekaligus pengurus Karang Taruna Tunas Bakti Desa Sukamaju mengatakan, dalam festival kali ini 13 varietas unggulan durian diikut sertakan dalam kontes.



Sebagai dasar penilaan kontes, tim juri memfokuskan penilaian terhadap rasa, tekstur rasa hingga ukuran buah durian.


Tim juri melakukan penilaian dengan hasil akhir Juara 1 dengan skor nilai  730 diraih Duren Vanessa, Juara 2 dengan skor nilai 720 diraih Duren Si Ibo, dan Juara 3 dengan skor nilai 710 diraih Duren Sultan, sementara juara harapan 1 jatuh pada Duren Si madu, Si leugit, dan Si Hitam.


Perhelatan Festival ini akan dirangkai dengan beragam acara lainya diantaranya bazar duren dan olahan duren, makan duren dan pentas budaya seni wayang golek, karinding, jipeng, Sorawi hingga ditutup dengan tabligh Akbar.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi / Asep M-Rhe

Mengejutkan Vanessa Juarai Festival Duren-Duren di Sukabumi Mengejutkan Vanessa Juarai Festival Duren-Duren di Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Februari 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads