Header AD

Longsor Ancam 4 Rumah Warga di Warungkiara Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Tebing bukit setinggi 10 meter dan lebar 20 meter mengalami longsor hingga mengancam sejumlah rumah di Kampung Cisarua RT 2/ RW 5 Desa Girijaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi.


Hal ini disebabkan guyuran hujan deras sepanjang hari ini sejak siang tadi sekira pukul 12.05 WIB, Rabu (20/2/2019).


Material tanah longsor berikut pohon yang ada disekitar tebing amblas membuat warga yang tinggal dibawah tebing merasa cemas akan kejadian ini.


BACA JUGA : 3 Pohon Tumbang di Jalan Sudirman Sukabumi Timpa Mobil Angkot


Ditemui dilokasi longsor, Nanung (25) warga yang berada tepat disekitar lokasi longsor mengungkapkan kejadian amblasnya tanah dari tebing bukit sejak sebulan terakhir telah terjadi sebanyak 2 kali kejadian.


"Sebulan ini sudah dua kali kejadian, akibat hujan deras, jumlah rumah yang terancam ada 4 rumah,  milik Kang O'o Kang Nanung Pak Empin dan Pak Acun," jelas Nanung Rabu (20/2/2019).


Menurut Nanung, Pemerintah menjanjikan akan memberikan bantuan karung dan bronjong untuk mengantisipasi bencana longsor di wilayahnya.


"Sampai saat ini belum ada, baik dari Desa maupun Kecamatan, Warga khawatir longsor susulan yang lebih parah,  Kami berharap bantuan segera turun," harap Nanung.


BACA JUGA : Ayah Ibu dan Anak Tewas Terbakar di Sukabumi, Diindikasikan Bunuh Diri


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, dampak hujan dengan intensitas tinggi sepanjang siang hingga sore ini mengakibatkan sejumlah tanaman dan pertanian palawija milik warga mengalami kerusakan.


Ditemui ditempat yang sama, Acun (54) pemilik rumah yang paling terancam oleh bencana longsor berharap Pemerintah secepatnya melakukan upaya pencegahan dengan membuat tembok Penahan Tanah (TPT) atau bronjong.


"kami semua resah saat hujan deras, air dan lumpur dari atas tebing, dan kami sangat khawatir longsor susulan," ungkapnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Longsor Ancam 4 Rumah Warga di Warungkiara Sukabumi Longsor Ancam 4 Rumah Warga di Warungkiara Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Februari 20, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads