Header AD

Ketua RW Tiap Desa Diberi Smartphone dan Pulsa 6 Bulan Gratis Dari Dana Bantuan Keuangan Provinsi Jabar

ilustrasi smartphone / Foto : Pixabay


TatarSukabumi.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan dana senilai 127.288.000, kepada masing-masing  desa se-Jawa Barat dalam program bantuan keuangan (Bankeu/Banprov) tahun anggaran 2019.


Bamprov ini dialokasikan sebagai dana bantuan bagi pembangunan desa, pengembangan ekonomi desa, peningkatan infrastruktur desa, peningkatan pelayanan fungsi  Pemerintah desa, Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) dan  Bantuan keuangan untuk Sapa Warga.


BACA JUGA : Upah Telat, PHK Sepihak, Buruh Geruduk Disnakertrans Sukabumi


Informasi yang dihimpun TatarSukabumi.ID, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan surat terkait bantuan keuangan desa yang akan disalurkan kepada 5.312 desa se-Jawa Barat.


Hal baru dalam Banprov TA 2019 adalah adanya bantuan keuangan dalam program Sapa Warga  yakni bantuan keuangan untuk pembelian unit Smartphone bagi Rukun Warga (RW) di masing-masing desa dan 1 unit smartphone bagi perangkat desa.


Dalam program ini, perkiraan harga smartphone berkisar 1.3 juta rupiah/ unit, serta kompensasi pulsa selama kurang lebih 6 bulan dengan besaran tiap bulan sebesar 50 ribu rupiah.


BACA JUGA : 2 Oknum Kades di Kabupaten Sukabumi Diduga Tilep Dana Desa dan ADD Resmi Dititipkan di. Lapas Warungkiara


Sementara itu, untuk pembangunan   infrastruktur yang diperkenankan dalam dana Banprov TA 2019 ini meliputi perbaikan jalan desa/jalan lingkungan, pembangunan tembok penahan tanah (TPT), pembangunan drainase, pembangunan irigasi desa, pasar desa, jembatan desa, sarana prasarana air bersih masyarakat, renovasi Kantor Desa, pembangunan bale kampung, maupun gedung Posyandu.


Pengajuan permohonan pencairan  bantuan keuangan desa tahun  2019 diitujukan kepada Gubernur Jawa Barat,   melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, setelah diverifikasi oleh  Kecamatan.


Untuk permohonan pencairan dibuat  rangkap 3 (tiga) dengan ketentuan 1 rangkap dijilid dan 2  rangkap tanpa jilid  sebagai bahan untuk pencairan ke Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat.


BACA JUGA : Korupsi Ratusan Juta, 2 Kades Sukabumi Terancam 20 Tahun Bui


Beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh Pihak Desa meliputi foto copy APBDes TA 2019, rincian penggunaan belanja bantuan keuangan (RAB) manual, foto copy KTP Kepala Desa, foto copy rekening  Pemerintah Desa, Surat pernyataan tanggungjawab Kades bermeterai cukup di cap dan ditandatangani oleh Kepala Desa.


Untuk pelaksanaan pembangunan fisik disertai dengan foto 0 % dan gambar rencana pembangunan, serta melengkapi laporan pertanggung jawaban bantuan keuangan (Banprrov) tahun  sebelumnya (2018).


Khusus yang dialokasikan untuk pelaksanaan pembangunan fisik bersifat konstruksi, gambar dan rencana anggaran biaya pembangunan dimaksud agar dikonsultasikan terlebih dahulu dan disahkan oleh instansi yang berwenang  di Tingkat Kabupaten atau UPTD Tingkat   Kecamatan yang membidangi   insfrastruktur/Tenaga ahli insfratruktur.(**)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Ketua RW Tiap Desa Diberi Smartphone dan Pulsa 6 Bulan Gratis Dari Dana Bantuan Keuangan Provinsi Jabar Ketua RW Tiap Desa Diberi Smartphone dan Pulsa 6 Bulan Gratis Dari Dana Bantuan Keuangan Provinsi Jabar Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Februari 06, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads