Header AD

Jangan Pandang Sebelah Mata PKBM, 3 Program Baru LPMD Cicantayan Siap Bersaing Dengan Sekolah Formal

Endin Spd Kepala PKBM-LPMD Kecamatan Cicantayan Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi

Endin Spd Kepala PKBM-LPMD Kecamatan Cicantayan Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang termaktub dalam Undang-undang Dasar 45, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terus berupaya mengembangkan pendidikan baik jalur formal maupun non formal.


Salah satunya melalui pengembangan sekolah paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA) melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM).


Hal ini memberi dampak positif dalam upaya membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas sesuai dengan Visi Kabupaten Sukabumi yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri.


Hal ini diungkap Kepala PKBM - LPMD, Endin Spd saat ditemui TatarSukabumi.ID di ruang kerjanya, Sabtu (16/2/2019).


BACA JUGA : Kapolda Jabar : Masyarakat Harus Cerdas Berikan Hak Suara Utamakan Rasa Persatuan dan Kesatuan


Endin Spd merupakan Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Langkah Prima Masa Depan (LPMD) yang berada di Jalan Cisande nomor 355 Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.


Informasi terhimpun, PKBM yang telah berdiri sejak 13 tahun silam ini dalam waktu dekat akan melakukan inovasi dan terobosan baru didunia pendidikan non formal.


Menurut Endin, PKBM-LPMD memiliki 3 program baru di tahun ajaran 2019 meliputi Program paket C (setara SMA) berbasis teknologi dengan kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan (TKJ) sementara untuk Paket B (setara SMP) siswa didik akan dibekali dengan keterampilan menjahit dan Bahasa Inggris dan Program ketiga adalah untuk LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan)  juga akan diberikan materi menjahit dan komputer.


"Dan semua ini diberikan secara cuma cuma tidak dipungut biaya alias gratis," ujar Endin, Sabtu (16/2/2019).


BACA JUGA : Butuh Sekolah, Warga Dirikan Madrasah di Lahan eks HGU Kabandungan - Sukabumi


Lebih jauh menurut Endin, kondisi saat ini beberapa pihak cenderung memandang sebelah mata akan jalur pendidikan non formal, hal ini memotivasi Endin untuk terus melakukan terobosan dan inovasi baru agar PKBM bisa sejajar dengan Sekolah formal.


Pembangunan Lab Komputer PKBM-LPMD Kecamatan Cicantayan Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi

Pembangunan Lab Komputer PKBM-LPMD Kecamatan Cicantayan Sukabumi // Foto : Dian Syahputra Pasi


"Penuh perjuangan dan kendala, namun Saya optimis dengan tekad kuat Saya akan membuktikan dengan 3 program baru LPMD nantinya bisa menelurkan anak didik yang tidak hanya memegang selembar ijazah setelah tamat sekolah, namun kami akan berikan skill yang bisa diimplementasikan langsung di kehidupan mereka selanjutnya," tutur Endin.


BACA JUGA : Meski Jalan Rusak, Kades Cijengkol Sukabumi Bagi Dua Gaji Untuk Bayar Petugas Kebersihan Jalan


Saat ini tercatat sedikitnya 150 Siswa di PKBM-LPMD, menurut Endin saat ini Pihaknya tengah membangun Lab Komputer yang nantinya akan diisi oleh 50 unit komputer guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar sekaligus memberikan keterampilan bagi siswa didik dalam era Revolusi Industri 4.0.


"Seluruh Siswa LPMD nantinya akan dibekali keterampilan Komputer, agar mereka yang mempunyai cita cita melanjutkan sekolah di jenjang kuliah tidak gaptek, buat yang bekerja juga penting, dan minimal ilmu ini bisa bermanfaat dikemudian hari setelah mereka lulus dari sini," tandasnya.(**)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Jangan Pandang Sebelah Mata PKBM, 3 Program Baru LPMD Cicantayan Siap Bersaing Dengan Sekolah Formal Jangan Pandang Sebelah Mata PKBM, 3 Program Baru LPMD Cicantayan Siap Bersaing Dengan Sekolah Formal Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Februari 16, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads