Header AD

Harga Cabai Merah Anjlok, Petani Sukabumi Biarkan Cabe Busuk di Pohon Tidak Dipanen


TatarSukabumi.ID - Harga cabai ditingkat petani di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi terus mengalami penurunan.


Saat ini, harga cabai merah kriting hanya diterima pengepul dari Petani sebesar 3 ribu rupiah per kilogram, Senin (11/2/2019).


Akibat harga yang terus menukik, sebagian petani membiarkan cabai yang ditanam membusuk di pohon akibat harga jual tidak sebanding dengan mahalnya biaya produksi.


BACA JUGA : Marwan Hamami : 7 Hingga 8 Ribu Buruh Sukabumi Kena PHK


Mulyaman, salah seorang petani asal Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan mengatakan harga cabai di tingkat petani terus menurun, bahkan dengan harga jual saat ini tidak cukup untuk menutupi biaya produksi hingga biaya panen.


"Satu hari untuk memetik cabai ongkosnya 40 hingga 60 ribu rupiah. Biasanya sehari bisa memetik 5 hingga 10 kilogram cabai. Jadi kalau harganya terus menurun belum cukup menutupi biaya produksi,"terang Nuryaman kepada TatarSukabumi.ID, Senin (11/2/2019).


BACA JUGA : Gerakan Indonesia Sadar Adminduk Disdukcapil Kabupaten Sukabumi


Sebagai informasi, sentra tanaman cabai dan holtikultura di Kecamatan Kabandungan berada di Desa Cipeuteuy dan Cihamerang mayoritas warga petani mengandalkan hasil panen penjualan cabai untuk menutupi biaya hidup sehari-hari.


"Minimal dari petani bisa menjual cabai seharga 15 ribu per kilogram, kalau harga itu sudah bisa mengganti biaya produksi, tetapi kalau di bawahnya memang belum cukup," aku Muli Petani lain warga Cipeteuy.


Dia mengatakan hingga saat ini belum ada dinas terkait yang datang langsung ke petani untuk mendiskusikan solusi terbaik bagi petani Cabai di Kabandungan.


BACA JUGA : Balita di Sukabumi Tanpa Anus dan Alat Kelamin Sejak Lahir


Kondisi anjloknya harga menyebabkan petani mengalami kerugian karena hasil panen tidak sebanding sengan biaya produksi yang dikeluarkan.


"Sampai sekarang belum ada yang datang ke sini untuk membeli cabai langsung ke petani atau mendiskusikan solusi terbaik bagi para petani,"


"Petani hampir hampir putus asa, mereka membiarkan hasil panennya membusuk di pohon," tandasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Harga Cabai Merah Anjlok, Petani Sukabumi Biarkan Cabe Busuk di Pohon Tidak Dipanen Harga Cabai Merah Anjlok, Petani Sukabumi Biarkan Cabe Busuk di Pohon Tidak Dipanen Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Februari 11, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads