Header AD

Buruh Demo Endus Ada Oknum Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Jadi Biyong

Buruh masih bertahan gelar aksi demo di Disnakertrans Kabupaten Sukabumi

Buruh masih bertahan gelar aksi demo di Disnakertrans Kabupaten Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Buntut permasalahan Karyawan dengan Perusahaan PT Sentosa Utama Garmindo (SUG) Cicurug masih bergulir.


Kali ini ratusan Karyawan PT SUG geruduk Kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Rabu (6/2/2019).


Setelah perundingan yang cukup alot, hingga sore ini, masih belum tercapai kesepakatan serta Massa Demo merasa tidak puas dengan pertemuan kali ini.


BACA JUGA : Kasus Buruh di Cicurug Berbuntut Panjang, Buruh Ancam Bupati DPRD dan Disnaker


Dadeng Nazaruddin, Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi kepada awak media mengungkapkan keluh kesah dan kegeraman buruh akibat hingga saat ini merasa dipermainkan oleh PT SUG.


Dadeng Nazaruddin, Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi

Dadeng Nazaruddin, Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi


"Kita tadi sudah negosiasi, sekitar 13 tuntutan dari buruh dan rakyat dan Saya minta jawaban (tuntutan) dari Pak Bupati. Kalau Pak Bupati nya tidak mau datang tolong jawab secara tertulis, ada logo Garudanya ada stempelnya yang tanda tangan Bupati sebagai pimpinan pemerintahan jadi resmi dia ngomong sebagai Bupati bukan sebagai ketua partai atau lainnya," tegas Dadeng Rabu (6/2/2019).


BACA JUGA : Buruh di Sukabumi Demo, Akibat Sejumlah Persoalan Buruh di Sukabumi


Saat ini ratusan buruh masih mencoba bertahan di halaman Disnakertrans Kabupaten Sukabumi menunggu keputusan atas tuntutannya, dan menurut Dadeng, saat ini Dinas terkait sedang berupaya mengkomunikasikan permasalahan ini kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami.


Isu yang sempat beredar, Pendemo akan menginap di Kantor Disnakertrans namun hal ini ditepis Dadeng, karena buruh lebih akan mengamankan aset perusahaan dan rencananya akan kembali menduduki Perusahaan yang berlokasi di Cicurug.


"Kita sebenarnya gak bakalan nginap disini kita khawatir aset di PT Sentosa justru dijual, ini otaknya jual jual aset segala macem," jelas Dadeng.


BACA JUGA : Upah Telat, PHK Sepihak, Buruh Geruduk Disnakertrans Sukabumi


Dadeng juga menyoroti upaya Pemerintah dalam menyelesaikan pembayaran gaji dengan cara menjual aset Perusahaan, hal ini akan meninggalkan permasalahan baru karena secara tidak langsung buruh akan mengalami di PHK.


"Perusahaan sebenarnya sedang tidak bangkrut, kondisinya lagi ada order, ada mesin ada buyer cukup kuat bahkan ga ke handle sama PT Sentosa dan dia kirim ke 6 perusahaan lain,"


"Sebagai pemimpin, sebagai wakil rakyat wakil pemerintah menyelesaikan masalah dengan pendek, kok hanya dengan menjual aset untuk membayar karyawan, kan buruhnya jadi gak kerja lagi. Padahal saya tahu transaksinya berapa transaksinya 2,5 Milyar sampai ke karyawan 2,1 M kan berarti ada lebihnya, jadi pemerintah jangan sampai jadi biyong (makelar)," beber Dadeng kepada awak media.


BACA JUGA : Korupsi Ratusan Juta, 2 Kades Sukabumi Terancam 20 Tahun Bui


Buruh juga mengendus ada oknum Disnakertrans Kabupaten Sukabumi yang tidak becus bekerja, saat dikonfirmasi terkait oknum tersebut Dadeng menegaskan.


Buruh masih bertahan gelar aksi demo di Disnakertrans Kabupaten Sukabumi

Buruh masih bertahan gelar aksi demo di Disnakertrans Kabupaten Sukabumi


"Nanti saya kasih kisi-kisi siapa-siapa saja yang gak becus kerja di Disnaker," tandasnya.


BACA JUGA : Mahasiswa Demo Kejari Sukabumi, Usut Tuntas Kasus Korupsi Beras Rakyat BPNT


Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Dadang Budiman menanggapi permasalahan berkelit jika dirinya merupakan orang baru di Disnakertrans Kabupaten Sukabumi.


"Saya orang baru, bila tidak puas dengan kinerja saya silahkan laporkan ke Bupati, mari kita bersama-sama untuk semua tuntutan buruh akan diupayakan selesaikan secara aturan," ujar Dadang Budiman, Rabu (6/2/2019).


Mengenai dugaan Buruh terkait oknum Disnakertrans Dadang angkat bicara, "Yang bermasalah di Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi silahkan out, catat, masa undangan Bupati tidak diindahkan oleh pengusaha, internal perusahaan harus dibenahi," tegasnya.(**)


Reporter : Rapik Utama/ Isep Panji / Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Buruh Demo Endus Ada Oknum Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Jadi Biyong Buruh Demo Endus Ada Oknum Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Jadi Biyong Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Februari 06, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads