Header AD

Bank Sampah di Kebonpedes, Bantu Kebersihan Menghasilkan Pendapatan Jutaan

Camat Kebonpedes Ali Iskandar bersama penggagas Bank Sampah Dandra Hermawan// Foto : Dian Syahputra Pasi

Camat Kebonpedes Ali Iskandar bersama penggagas Bank Sampah Dandra Hermawan// Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Berawal dari menumpuknya sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kampung Babakan Pamoyanan RT 1 /RW 09 Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi yang hanya mendapat jadwal penarikan  sampah dari Dinas Kebersihan hanya satu minggu sekali, warga setempat berinisiatif menciptakan inovasi Bank Sampah dalam upaya membantu pemerintah.


Ide ini digagas Dandra Hermawan (30) warga setempat sejak tahun 2014 silam, inisiatif ini diambil sebagai langkah terhadap kurang perhatiannya warga terhadap lingkungan dimana tumpukan sampah yang menggunung menyebabkan kawasan warga nampak kumuh hingga menyebabkan timbulnya penyakit.


BACA JUGA : Rutilahu di Kebonpedes Sukabumi Dihuni 10 Jiwa


Ditemui di Gudang Sampah, Dandra Hermawan bekerja sama dengan Pemuda melakukan pemungutan sampah dan selanjutnya memilah barang sisa pakai yang masih bisa didaur ulang.


"Cara pengambilan sampah masyarakat mengumpulkan sampah didepan gang, nanti diambil sama petugas sampah (pemuda) setelah itu dikumpulkan di TPS lalu dipilah lagi sampah busuk sampah yang tidak terpakai dan sampah yang masih bisa didaur ulang seperti plastik botol minuman dan besi bekas," ujar Dendra, Sabtu (2/2/2019).


Lebih jauh menurut Dendra, sejumlah Pemuda setempat diberdayakan menjadi beberapa tim yang bertugas untuk memungut sampah dari masyarakat 2 kali dalam seminggu, dan selanjutnya sampah yang masih bisa didaur ulang dipilih sebelum Truk pengangkut sampah yang hanya beroperasi setiap hari Sabtu mengambil sampah yang menggunung.


Pemuda yang tergabung dalam usaha Bank Sampah Babakan Pamoyanan // Foto : Dian Syahputra Pasi

Pemuda yang tergabung dalam usaha Bank Sampah Babakan Pamoyanan // Foto : Dian Syahputra Pasi


"Ada tim pemuda disini setiap malam Selasa dan malam Sabtu, kita rutin ngambil sampah dan Sabtu pagi sampah diambil oleh truk di TPS," terang Dendra.


BACA JUGA : Pasca Dilaporkan ke Kejari, Warga Tandatangani Petisi Aksi Simpati Dukung Kades Jambenenggang Kebonpedes


Dendra mengaku kegiatan ini baru dilakukan diwilayah Kampung Babakan Pamoyanan, bagi warga yang mampu hanya membayar sebesar 7 ribu rupiah sebagai ongkos pengambilan sampah setiap bulannya, namun untuk yang tidak mampu Dendra tidak memungut kutipan namun meminta warga memilah sampah yang masih bisa didaur ulang sebagai ganti ongkos sebelum dibuang.


"Kita mungut dari warga 7 ribu rupiah perbulan untuk biaya pembuangan sampah, yang 5 ribu untuk pemungut sampah. untuk penghasilan  Bank Sampah dibagikan setiap akhir tahun hingga mencapai jutaan rupiah," beber Dendra.


Dendra berharap Truk Sampah dari Dinas Kebersihan tidak hanya beroperasi seminggu satu kali, opsi lain menurutnya Dinas Kebersihan bisa membantu memberi bantuan armada pengangkut sampah kepada Pihak Kecamatan sehingga petugas sampah bisa mengambil 4 kali sampah dalam seminggu agar tumpukan sampah tidak menggunung.


"Kta memerlukan bantuan alat alat pemungut sampah dan memiliki armada dari kecamatan harapannya seminggu truk sampah bisa 4 kali beroperasi sehingga sampah tidak menumpuk." harapnya.


BACA JUGA : Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya


Ditemui dilokasi Bank Sampah, Camat Kebonpedes, Ali Iskandar mengapresiasi kegiatan warga sebagai inovasi kreatif sebagai upaya membantu Pemerintah.


"Kami berharap kegiatan yang dilakukan warga Kampung Babakan Pamoyanan menjadi inspirasi bagi warga 5 desa lainnya di Kebonpedes akan kesadaran menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan juga bisa menambah penghasilan bagi masyarakat," ujar Ali Iskandar.(**)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Bank Sampah di Kebonpedes, Bantu Kebersihan Menghasilkan Pendapatan Jutaan Bank Sampah di Kebonpedes, Bantu Kebersihan Menghasilkan Pendapatan Jutaan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Februari 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads