Header AD

2 Oknum Kades di Sukabumi Diduga Korupsi, Wakil Bupati Sukabumi Dukung Kejaksaan Berantas Korupsi

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono // Foto : TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono bereaksi keras atas peristiwa dua Oknum Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi yang telah resmi dinyatakan ditahan Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) dengan dugaan tindak pidana penyelewengan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa hingga ratusan juta rupiah.


"Kita sepakat semua ingin melakukan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, Oleh karena itu prihatin kalau masih ada yang melakukan penyimpangan penyimpangan yang berakibat terjadinya kerugian keuangan negara keuangan daerah," ujar Adjo Sardjono kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (1/2/2019).


BACA JUGA : Korupsi Ratusan Juta, 2 Kades Sukabumi Terancam 20 Tahun Bui


Adjo Sardjono mendukung upaya upaya hukum yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Sukabumi dan diharapkan kejadian ini menjadi contoh agar tidak terjadi pelanggaran serupa dikemudian hari.


"Mudah-mudahan jadi pelajaran untuk yang lain sehingga tidak melakukan lagi pelanggaran pelanggaran pidana karena resikonya bukan saja pidana namun ada sanksi administrasi bagi kepala desa akan kehilangan jabatannya," tegas Adjo Sardjono.


BACA JUGA : 2 Oknum Kades di Kabupaten Sukabumi Diduga Tilep Dana Desa dan ADD Resmi Dititipkan di. Lapas Warungkiara


Ketika ditanya terkait dengan kinerja DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) kedepan berkenaan dengan pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa agar terkelola dengan baik, Wabup mengatakan tugas DPMD harus bekerja lebih ekstra untuk terus memantau dan membina para Kades.


"Harus terus menerus melakukan pembinaan, penyuluhan dalam tatakelola penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa supaya para kepala desa memanfaatkannya sesuai dengan aturan dan petunjuk yang ada," tandasnya.


BACA JUGA : Tawuran Pelajar SMP di Cibadak, Puluhan Pelajar Diamankan


Diberitakan TatarSukabumi.ID sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi terhitung sejak Kamis (31/1) kemarin secara resmi telah menahan dua oknum Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sukabumi hingga 20 hari kedepan dengan dugaan kasus tindak pidana korupsi.


Kedua oknum Kades yang diduga telah melakukan penyelewengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan YL selaku Kades Cibuntu Kecamatan Simpenan dan EN Kades Pagelaran Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Selanjutnya kedua tersangka sementara mendekam di Lapas Warungkiara sebagai tahanan titipan dan keduanya terancam Pasal 2 junto pasal 3 junto pasal 18 UU tindak pidana korupsi dengan ancaman mendekam dibalik jeruji besi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi / Asep M-Rhe

2 Oknum Kades di Sukabumi Diduga Korupsi, Wakil Bupati Sukabumi Dukung Kejaksaan Berantas Korupsi 2 Oknum Kades di Sukabumi Diduga Korupsi, Wakil Bupati Sukabumi Dukung Kejaksaan Berantas Korupsi Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Februari 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads