Header AD

Tingginya Potensi Longsor dan Pergerakan Tanah di Kabandungan Sukabumi

Longsor serta Potensi pergerakan tanah di Kecamatan Kabandungan Sukabumi / Foto : Asep M-Rhe

Longsor serta Potensi pergerakan tanah di Kecamatan Kabandungan Sukabumi / Foto : Asep M-Rhe


TatarSukabumi.ID - Pergerakan tanah berpotensi mengancam hektare-an lahan di Kampung Citugu RT 06 RW 01, Desa Cihamerang Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.


Data yang diterima TatarSukabumi.ID  lahan perkebunan dan persawahan warga mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah yang terjadi Jumat kemarin (11/1/2019).


BACA JUGA : 3 Rumah di Bojonggenteng Tertimpa Pohon Tumbang


Kasi Perencanaan Desa Cihamerang,  Hilman membenarkan peristiwa pergerakan tanah di wilayahnya.


"Kami mendapat laporan dari warga, kami bergerak cepat meninjau lokasi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ujar Hilman, saat ditemui TatarSukabumi.ID, Sabtu (12/1/2019).


BACA JUGA : Waspada Pergerakan Tanah di Wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi


Meski tidak ada korban jiwa, namun dampak kerusakan cukup besar, serta potensi pergerakan tanah masih mengancam puluhan hektar lahan milik warga.


Menurut Hilman, kawasan tersebut memang diindikasikan cukup rawan pergerakan tanah ditambah curah hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir hingga memicu longsor.


"Daerah ini memang sudah lama terindikasi potensi pergerakan tanah, sudah menjadi perhatian pihak pemdes," tutur Hilman.


BACA JUGA : Heboh Fenomena Hujan Es di Sukabumi


Pemdes Cihamerang telah berkoordinasi dengan Muspika, Tagana Kecamatan dan BPBD untuk mengambil langkah antisipasi agar tidak berdampak pada korban jiwa.


"Kita sudah melakukan koordinasi dengan Muspika, Bhabinkantibmas, BPBD dan Tagana Kecamatan, kemarin sudah meninjau ke lokasi," tandasnya.


Di tempat terpisah, Aiptu Ade Kuswari, Bhabinkantibmas Cihamerang mengaku telah meninjau lokasi longsor, "Benar saya dengan BPBD Kabupaten Sukabumi sudah melakukan pengecekan ke lokasi," ungkapnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tingginya Potensi Longsor dan Pergerakan Tanah di Kabandungan Sukabumi Tingginya Potensi Longsor dan Pergerakan Tanah di Kabandungan Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Januari 12, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads