Header AD

Tidak Kalah Dengan Durian Luar Negeri, Bupati Janjikan Festival Tahunan Durian di Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami (17/1/2019)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami (17/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Festival Pesona Durian Lokal Cimanggu 2019 yang diinisiasi Pemerintah Desa Cimanggu, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berlangsung meriah dibanjiri pengunjung, Kamis (17/1/2019).


Desa Cimanggu merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak potensi alam, selain keindahan panorama yang disuguhkan, salah satu keunggulan Desa Cimanggu dikenal sebagai sentra penghasil buah buahan diantaranya Durian, Manggis dan Rambutan.


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Sedikitnya 43 jenis durian dipamerkan serta diikut sertakan dalam lomba durian terbaik 2019.


Berbagai kriteria penilaian menjadi penilaian diantaranya berdasar ketebalan, citarasa, kualitas warna (kuning) dan teksture.


Keluar sebagai juara dalam festival ini, varietas durian yang dinobatkan menjadi juara pertama diraih Durian Mensen milik H. Nandi, selanjutnya jenis Durian Duri Hitam juga milik H. Nandi dinobatkan sebagai runner-up sementara juara ketiga direbut Durian Si Totok milik Unang.


BACA JUGA : 7 Peristiwa Penting Bersejarah di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


Festival ini dilangsungkan dalam rangka bentuk rasa syukur panen buah Durian sekaligus sebagai ajang untuk memperkanalkan seluruh potensi Desa sehingga tercipta ide atas terselenggaranya Festival pesona durian lokal tahun 2019.


Dengan mengusung tema bijak memperlakukan lingkungan dan melestarikan potensi durian lokal secara simbolis Festival dibuka oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.


BACA JUGA : DKM Masjid Agung Sukabumi, Kasus Duduki Alquran Sudah Terang Benderang


Dewasa ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi tengah fokus pada pengembangan kawasan sektor partanian, perikanan dan kelautan serta pariwisata untuk mendorong peningkatan Income perkapita masyarakat.


Dalam sambutannya Marwan Hamami menyampaikan jika potensi lokal harus terus senantiasa didorong.


BACA JUGA : Perubahan Rancangan Runaway dan Luas Lahan Bandara Sukabumi, Ikral : Kita Berharap Bandara Didarati Pesawat Jenis Air Bus


"Kita berharap Dinas Pertanian bisa mengagendakan semua komoditas unggulan pertanian untuk dipamerkan, seperti durian, manggis, salak dan sebagainya, sehingga Sukabumi bisa menjual potensi daerah Asli Sukabumi, disekitar kita banyak ruang yang kurang produktif ini yang harus kita dorong"


"Selama ini orang taunya duren Cikakak, tapi sekarang ada potensi durian disini, dan tidak kalah dengan durian durian dari luar negeri, kedepan kita agendakan pameran durian tahunan," tutur Marwan Hamami, Kamis (27/1/2019).


BACA JUGA : Tukang Roti Asal Tasikmalaya Tewas Tertindih Motor RX King di Sukabumi


Kedepannya Marwan berharap, Petani lebih mengetahui cara tanam dan rawat pohon durian dengan teknologi tepat guna untuk lebih mendorong hasil produksi, "Durian jangan hanya dijual buahnya saja tetapi diolah menjadi berbagai makanan lain seperti dodol,manisan dan berbagai jenis olahan lainnya" ujar orang nomor satu di Sukabumi.


Sementara itu, Kepala Desa Cimanggu, Acep Purkalih berhadap dengan Festival Pesona Durian Lokal ini diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para petani untuk lebih meningkatkan hasil produksi serta kualitas guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah tersebut.


"Untuk tahun 2019 desa Cimanggu mengembangkan Durian, Manggis serta Jahe, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi petani Durian supaya bisa menggali potensi dan menjadikan durian sebagai primadona di daerah ini" tandasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tidak Kalah Dengan Durian Luar Negeri, Bupati Janjikan Festival Tahunan Durian di Sukabumi Tidak Kalah Dengan Durian Luar Negeri, Bupati Janjikan Festival Tahunan Durian di Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Januari 17, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads