Header AD

Telat Bayar Gaji Buruh, Karyawan Garmen di Cicurug Tagih Perusahaan

Buruh garment di Cicurug tagih pembayaran gaji / Foto : Isep Panji (15/1/2019)

Buruh garment di Cicurug tagih pembayaran gaji / Foto : Isep Panji (15/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Buruh PT Santosa yang berada di Kampung Caringin Karet Desa Nyangkowek Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar aksi, sekira pukul 15.30 WIB, Selasa (15/1/2019).


Aksi ini dipicu akibat keterlambatan pihak Perusahaan dalam membayar kewajiban gaji kepada karyawannya.


BACA JUGA : PT Glostar Indonesia II Sukalarang Gelar Program School Visit 2019


"Sebenarnya tuntutannya banyak yang pertama soal gaji harusnya itu tanggal 15 akan tetapi perusahaan tidak bisa membayar hari ini, serikat hadir disini untuk menjembatani persoalan yang ada baik gaji maupun persoalan lain," ujar Dadeng Nazaruddin Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi saat ditemui TatarSukabumi.ID dilokasi Pabrik, Senin (15/1/2019).


Ketua serikat buruh GSBI mengungkapkan beberapa polemik lain yang muncul di PT Santosa, diantaranya konflik management yang membuat beberapa karyawan mengaku tidak mendapat ketenangan dalam bekerja.


BACA JUGA : Marwan Hamami Lapor Menteri Desa Terkait Isu Keluhan dan Permasalahan di Sukabumi


Saat dikonfirmasi terkait hasil mediasi dengan pihak perusahaan Dadeng mengklaim akan melakukan upaya mediasi lanjutan dan mengawal proses permasalahan buruh di PT Santosa.


Dadeng Nazaruddin Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi

Dadeng Nazaruddin Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kabupaten Sukabumi


"Sebelumnya belum ada titik temu. Semuanya ada 7 tuntutan. Kedepannya kami akan melakukan mediasi kembali. Kami meminta kedepannya tidak ada keterlambatan lagi, yang kedua kalau dulu libur gak dibayar, kami minta kalau diliburkan ya dibayar," tegas Dadeng.


BACA JUGA : Kunker MPR-RI di Sukabumi, Cak Imin : Presiden Siapkan Dana 1 Triliun Bagi BLK Ponpes


Hal senada diungkap salah satu karyawan wanita mengaku kesal akibat keterlambatan gaji dari perusahaan yang bukan kali ini saja telat melakukan pembayaran gaji karyawan.


"Iyaa kita menuntut pembayaran gaji yang telat, tadi ada mediasi pihak perusahaan dan pihak serikat GSBI di halaman perusahaan yang di saksikan kita dari karyawan, janjinya katanya hari Jumat pihak Buyer mau transfer ke perushaan, tetapi untuk pembayarnya ke karyawan katanya hari Senin mengingat Jumat sore baru transfer. Kita tunggu saja sampai hari senin kalau gak di bayar, kita mau menggelar aksi lagi" tukas pekerja garmen yang sengaja enggan ditulis identitasnya.


BACA JUGA : Band Asal Sukabumi Dikeroyok di Jakarta, 2 Orang Dinyatakan Hilang


Sementara itu saat ditemui awak media Hendrik Human Resources Departement (HRD) PT Sentosa mengklaim bahwa kejadian ini bukan aksi atau sebuah demo, hal ini hanya ketakutan dan kesalah pahaman dari karyawan kepada perusahaan.


"Itu bukan aksi hanya kesalah pahaman saja dan kehawatiran para karyawan, karna kita sebelumnya sudah memberikan informasi dan meminta maaf bahwa bulan tanggal kesepakatan pembayaran akan telat beberapa hari. saya lihat malah aksi berkumpul didepan halaman perusahaan saat jam pulang," ujar Hendrik.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Telat Bayar Gaji Buruh, Karyawan Garmen di Cicurug Tagih Perusahaan Telat Bayar Gaji Buruh, Karyawan Garmen di Cicurug Tagih Perusahaan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 15, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads