Header AD

Situ Kubang Cisolok Meluap 13 Rumah Terendam Banjir

Kampung Ranca Desa Caringin kecamatan, Cisolok, Kabupaten Sukabumi terendam banjir / Foto : Rudi Imelda

Kampung Ranca Desa Caringin kecamatan, Cisolok, Kabupaten Sukabumi terendam banjir / Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID - Hujan deras dengan intensitas tinggi hampir merata melanda wilayah Sukabumi dalam sepekan ini.


Hal ini mengakibatkan beberapa wilayah dilanda bencana, diantaranya banjir yang kerap terjadi seolah kejadian langganan di Kampung Ranca Desa Caringin kecamatan, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, yang terjadi malam kemarin Kamis (10/1).


BACA JUGA : Pohon Tumbang Timpa Rumah, Rumah Hancur Nenek Lansia Terluka


Belasan rumah terendam genangan air akibat luapan air yang berasal dari Situ (danau) Kubang di Desa Caringin Cisolok.


Sedikitnya 13 rumah terendam air dengan dengan ketinggian air antara 20 centimeter hingga ketinggian 1 meter yang terjadi sekira pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB air baru mulai surut.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim 3 Rumah Tertimpa Pohon Tumbang di Kalapanunggal Sukabumi


Banjir langganan dikeluhkan Suryana (50) warga setempat, karena hampir setiap musim penghujan kejadian serupa terus berulang.


Banjir mengakibatkan warga mengalami kerugian akibat dampak kerusakan barang barang maupun bangunan rumah.


"Rumah saya, direndam air setinggi kurang lebih satu meter. Total yang terendam sekitar 13 tapi yang terparah ada 9 rumah. Alhamdulillah hari ini tidak turun hujan, namun kami disibukan bersih bersih sisa kotoran banjir,"


"Kejadian ini bukan hanya terjadi sekarang, tahun sebelumnya juga terjadi apabila hujan lebih dari 4 jam, pasti kampung kami terendam, tahun sebelumnya merusak alat elektronik, kursi, tempat tidur pada basah terendam banjir," keluh Suryana kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (11/1/2019).


BACA JUGA : Puting Beliung Terjang Cibadak, 3 Rumah dan Beberapa Pohon Tumbang


Warga setempat berharap Pemerintah bersama Dinas terkait bisa memberi solusi bagi kampung Ranca yang seolah menjadi kawasan langganan banjir.


"Setiap musim hujan, Situ Kubang airnya pasti meluap akibat kiriman air dari daerah lain," ujar Suryana.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, Situ Cikubang merupakan pusat genangan air dari beberapa sungai serta posisinya yang berada di cekungan mengakibatkan air tumpahan dari perkampungan lain mengalir ke Situ Cikubang sementara posisi Kampung Ranca mememiliki ketinggian yang hampir sejajar dengan tinggi air danau tersebut.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Situ Kubang Cisolok Meluap 13 Rumah Terendam Banjir Situ Kubang Cisolok Meluap 13 Rumah Terendam Banjir Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Januari 11, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads