Header AD

Puluhan Jenis Durian Akan Ramaikan Festival Durian Cikakak 2019

Rapat persiapan Festival Pesta Durian Cikakak 2019/ Foto : Isep Panji

Rapat persiapan Festival Pesta Durian Cikakak 2019/ Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melelui Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Muspika Cikakak menggelar rapat persiapan Festival Pesta Durian Cikakak 2019, yang digelar di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/1/2019).


Rencananya, Festival Pesta Durian Cikakak akan digelar pada 1 - 3 Februari 2019 mendatang.


BACA JUGA : Waspada Pergerakan Tanah di Wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi


Sudrajat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi mengungkapkan, festival yang akan dilaksanakan ini merupakan upaya pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk memperkenalkan khasanah Wisata Geopark sekaligus memperkenalkan potensi hasil pertanian Geoparak.


"Pertama untuk menambah khasanah wisata Geopark, jadi wisatawan yang datang ke Geopark itu bisa menikmati beragam suguhan wisata, ada yang menikmati Curug ada yang ingin merasakan duren Sukabumi dan lainnya," ujar Sudrajat, Rabu (9/1/2019).


BACA JUGA : Miris, Bocah Sukabumi Diduga Alami Giji Buruk, Tulang Paha Tembus Daging


Menurut Sudrajat, tidak hanya wilayah Kecamatan Cikakak sebagai sentra penghasil buah Durian namun ada beberapa daerah lain penghasil buah berduri ini sehingga Durian cukup berpotensi besar untuk dijadikan sebagai produk unggulan.


"Sentra penghasil Durian Sukabumi  diundang, dipertontonkan supaya mereka ke depannya jika ingin merasakan durian Cikidang, Warungkiara, ada sentra yang dapat kita sampaikan kepada mereka," jelas Kadis.


BACA JUGA : 7 Peristiwa Penting Bersejarah di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


Lebih jauh, Kadis mengkalim bahwa Sukabumi memiliki beragam Durian berkualitas meski belum masuk pada tahap ekspor.


 
"Lebih dari 10 nama Durian yang dihasilkan dari Sukabumi baik lokal maupun yang sudah me-nasional, terutama Durian Cikakak yang memiliki kualitas dan teruji rasanya termasuk Durian yang sangat mahal, kitapun mempunyai durian unggulan Gandaria dan itu akan menjadi icon Sukabumi," jelas Sudrajat.


Kedepannya, akan dikembangkan gallery Durian, bahkan lebih jauh akan dibentung Kampung Durian hingga Desa Durian untuk mensejahterakan petani buah Durian.(**)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi / Asep M-Rhe

Puluhan Jenis Durian Akan Ramaikan Festival Durian Cikakak 2019 Puluhan Jenis Durian Akan Ramaikan Festival Durian Cikakak 2019 Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Januari 09, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads