Header AD

Pergerakan Tanah Gunung Bugis, Potensi Longsor Kembali Mengancam Warga Cisolok Sukabumi

Retakan tanah, ubin bergeser, pergeseran tanah, ancam warga Cisolok, 40 Keluarga mengungsi/ Foto : Rudi Imelda. (22/1/2019)

Retakan tanah, ubin bergeser, pergeseran tanah, ancam warga Cisolok, 40 Keluarga mengungsi/ Foto : Rudi Imelda. (22/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Puluhan keluarga terpaksa mengungsi akibat pergerakan tanah yang mengancam warga di Kampung Bojong RT 02 dan RT 03 / RW 02, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa [22/01/2019].


Kampung Bojong, Desa Cicadas, terletak tidak jauh dari Kedusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi dimana sempat terjadi bencana longsor hebat beberapa waktu lalu yang menelan 33 Korban jiwa.


BACA JUGA : BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometrologi Hingga 30 Januari 2019


Ruyana (26) seorang Guru SD warga sekitar kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, warga terpaksa mengungsi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi dan kekhawatiran warga akan pergerakan tanah.


"Malam kemarin ada sekitar 40 KK mengungsi ketempat sanak saudara, karena hujan begitu deras, jadi kami takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan,"


"Kalau malam ini sekitar 30 KK yang masih mengungsi, sebagian sudah pada kembali termasuk saya, karena dirasa aman, cuaca malam ini tidak hujan, kalau hujan pasti kita semua pergi ngungsi kembali ke RT 01," ujar Ruyana, Selasa (22/1/2019).


BACA JUGA : BNNK Sukabumi Bangun Leuit di Kampung Adat Korban Longsor Cisolok Sukabumi


Lebih jauh Ruyana menjelaskan, beberapa warga yang berada di titik paling rawan lebih dari 1 bulan terakhir terpaksa mengungsi.


"Diatas Gunung sudah ada retakan tanah juga batu batu besar yang sewaktu waktu bisa jatuh terbawa longsor, ada juga yang baru seminggu mengungsi, tapi pengungsi terbanyak tadi malam," jelasnya.


Sebelumnya, Gunung Surandil anjlok dan menimbun setidaknya 30 pemukiman warga, sementara itu, lokasi Desa Cicadas yang saat ini terancam longsor berada di kawasan Gunung Bugis yang berada tidak jauh dengan Gunung Surandil.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pergerakan Tanah Gunung Bugis, Potensi Longsor Kembali Mengancam Warga Cisolok Sukabumi Pergerakan Tanah Gunung Bugis, Potensi Longsor Kembali Mengancam Warga Cisolok Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Januari 23, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads