Header AD

Perairan Palabuhanratu dan Ujunggenteng Gelombang Laut Normal Tidak Terpengaruh Supermoon

Pantai Palabuhanratu / Foto : Rudi Imelda (21/1/2019)

Pantai Palabuhanratu / Foto : Rudi Imelda (21/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Perairan di Kabupaten Sukabumi hingga hari ini terpantau normal tidak terjadi perubahan yang signifikan akibat pengaruh fenomena alam Gerhana Bulan dan Supermoon, Senin (21/1/2019).


Setelah sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan supermoon berpotensi memicu gelombang tinggi air laut dari Sabang Banda Aceh hingga Jakarta dan Pesisir Jawa Timur.


BACA JUGA : Gerhana Total dan Supermoon Berpotensi Sebabkan Gelombang Air Laut Tinggi


Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, untuk wilayah perairan di Kabupaten Sukabumi hingga hari ini pantauan aman tidak terjadi perubahan arus pasang serta gelombang tinggi.


Dampak adanya fenomena alam Supermoon, sebagaimana analisa BMKG untuk perairan wilayah Kabupaten Sukabumi diprediksikan tidak terkena dampak dan belum terjadi peningkatan gelombang, "Pantauan perairan di Palabuhanratu dan sekitarnya masih normal," ujar Okih Fajri, Senin [21/01/2019].


BACA JUGA : Potensi Curah Hujan Meningkat, Waspadai Bencana Hidrometeorologi


Namun bagi Masyarakat dan Nelayan yang beraktifitas di garis pantai,.Okih tetap menghimbau agar selalu tetap waspada.


"Waspada perlu dilakukan untuk nelayan yang melaut, sehubungan intensitas hujan yang masih tinggi, angin musim barat yg belum habis," tukasnya.


BACA JUGA : Potensi Pasang Air Laut hingga 22 Januari Mendatang di Beberapa Wilayah Indonesia


Sementara itu, hal sama juga dilaporkan diwilayah perairan Ujunggenteng, Febryan, Tour Guide (Pemandu Wisata) dikawasan Pantai Cibuaya Ujunggenteng menyatakan hingga saat ini arus gelombang notmal


''Dari pantauan saya sejak beberapa terakhir di sini laut aman aman saja, cuma aga gumpal sedikit karena terbawa arus angin barat,"


"Malam tadi bahkan banyak nelayan yang melaut, kalu pasang surut Pantai Ujunggenteng hususnya Cibuaya itu sudah biasa, namun tidak ada perubahan yang signifikan,"terang Febryan.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Perairan Palabuhanratu dan Ujunggenteng Gelombang Laut Normal Tidak Terpengaruh Supermoon Perairan Palabuhanratu dan Ujunggenteng Gelombang Laut Normal Tidak Terpengaruh Supermoon Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Januari 21, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads