Header AD

Pengungsi Cisolok Butuh Alat Berat Untuk Relokasi, Terlalu Lama di Pengungsian

Tenda pengungsi korban bencana pergerakan tanah di Cisolok Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (28/1/2019)

Tenda pengungsi korban bencana pergerakan tanah di Cisolok Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (28/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Lebih dari 100 jiwa Warga Masyarakat Kampung Bojong Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi sejak beberapa hari terakhir mengungsi akibat bencana pergerakan tanah yang mengancam pemukiman warga.


Hampir sepekan sejak Rabu (23/1) lalu warga pengungsi menempati tenda tenda yang didirikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).


BACA JUGA : Kondisi Terkini Pengungsi Cisolok Sukabumi Terancam Penyakit


Ditemui dilokasi pengungsi, setiap warga yang ditemui berharap pemerintah dapat segera melakukan relokasi tempat tinggal warga ketempat yang lebih aman.


"Saat ini rumah warga telah kosong, karena rawan, barang barang sudah diamankan, hanya tinggal rumah saja,"


"Mengingat tiap hari terus saja sedikit demi sedikit terjadi pergeseran tanah, warga khawatir rumah tinggal terbawa longsor, malah sebelumnya sudah ada warga yang sampai mendongkrak rumahnya untuk menahan supaya tidak ambruk," beber Ruyana (26) seorang pengajar Sekolah Dasar dan Guru Ngaji anak anak setempat, yang saat juga menghuni tenda pengungsian.


BACA JUGA : Bocah Tanpa Telapak Tangan dan Kaki di Sukabumi Butuh Jaminan Kesehatan


Menurut Ruyana, warga setempat mayoritas memiliki rumah panggung, sehingga jika lahan relokasi telah siap, rumah warga dipastikan bisa terselamatkan.


Ruyana juga menjelaskan jika ada warga yang memiliki lahan yang tidak terdampak pergeseran tanah telah mengizinkan lahannya digunakan untuk warga yang terancam, namun kendala lainnya adalah diperlukan alat berat untuk meratakan lahan yang nantinya akan ditempati pengungsi.


"Saat ini warga membutuhkan alat berat, karena kalau misalkan menggunakan alat manual seperti cangkul dan alat manual, bisa menghabiskan waktu lama, karena lumayan banyak rumah  warga yang harus direlokasi,"


"Kami sangat berharap dan ingin segera pindah, takutnya rumah keburu terbawa longsor, jadi takbisa diselamatkan." jelasnya.


BACA JUGA : Nunggak Bayar Gaji Buruh, Ketua DPRD : Dinas Lalai Melakukan Pengawasan Terhadap Perusahaan yang Berada di Sukabumi


Hal senada diungkapkan Abah Dodi sesepuh kampung yang terancam longsor, mewakili warganya Abah Dodi berharap secepatnya dilakukan relokasi.


"Kami semua berharap alat berat aja, untuk makan pakaian masih pada punya, meski hanya secukupnya apa adanya aja. Lihat situasi dan kondisi  seperti ini kami juga sadar dimana manakan sekarang banyak musibah, tapi kami ingin segera pindah," harap Abah Dodi.


"Lama lama disini bisa jadi beban semua juga, kami pilih pindah ketempat yang lebih aman. Di tenda ini juga aman, tapi kalau hujan deras, bocor tendanya, kita pindah keruangan sekolah," pungkasnya. (*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pengungsi Cisolok Butuh Alat Berat Untuk Relokasi, Terlalu Lama di Pengungsian Pengungsi Cisolok Butuh Alat Berat Untuk Relokasi, Terlalu Lama di Pengungsian Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 29, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads