Header AD

Pasar Geledog Dewi Sartika Sukabumi Dibenahi

Pasar Geledog Jalan Dewi Sartika Sukabumi / Foto : Rapik Utama (24/1/2019)

Pasar Geledog Jalan Dewi Sartika Sukabumi / Foto : Rapik Utama (24/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Pedagang Kaki Lima (PKL) sepanjang Jalan Dewi Sartika atau biasa disebut Pasar Geledog yang berada persis dibelakang Kantor Walikota Sukabumi dibenahi, Kamis [24/1/2019].


Pedagang memenahi sendiri lokasi berjualan yang awalnya nampak kumuh disaksikan Sat Pol PP Kota Sukabumi dan Pengurus Paguyuban Pasar Geledog Sukabumi.


BACA JUGA : Lampu Listrik dari Umbi Kentang


Ditemui dilokasi Pasar Geledog, Dindin Suwangga selaku Ketua Paguyuban Pasar Dewi Sartika kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan persiapan perpindahan pedagang telah dilakukan sejak jauh jauh hari.


"Alhamdulillah revitalisasi enam pedagang akan dipindahkan sepanjang jalan trotoar ke lokasi tidak jauh dari keseharian mereka mencari nafkah. Waktu persiapan perpindahan dilaksanakan sekitar  4 bulan ini," ujar Dindin, Kamis [24/1/2019].


BACA JUGA : Jambret Handphone Tabrakan di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi


Dindin berharap hal ini bisa menjadi contoh kepada pedagang lain, agar nantinya tidak menggangu akses bagi kendaraan maupun pejalan kaki.


"Setelahnya selesai berbenah lapak jualan ke kios yang lebih aman dan tertib, agar pelanggan tidak bingung nanti akan dipasang papan pengumuman bahwa area berjualan pindah ke lokasi baru yakni diseberang jalan dari biasa mereka mangkal," jelas Dindin.


BACA JUGA : Dishub Sukabumi Pastikan Penambahan Penerangan Jalan Umum


Tidak luput dari pantauan TatarSukabumi.ID Abah Turi (82) penjual pisang asal Karawangkulon Salabintana yang telah 25 tahun berjualan mengungkapkan penghasilan rata rata perhari bisa mencapai 500 hingga 1 juta rupiah.


"Saya sudah 25 tahun disini mangkal ,
pada waktu dahulu jaman bayar karcis peron lima ratus rupiah perhari, sekarang menjadi dua ribu rupiah. Bila melihat tempat yang baru cukup baik. Kalau jualan disini biasa mendapatkan penghasilan bisa sampai satu juta, sepinya 500 ribu rupiah," ungkap Abah Turi.


BACA JUGA : Pergerakan Tanah di Cisolok, BPBD Pasang Tenda Bagi 120 Pengungsi


Saat ditanya terkait harga sewa lapak dilokasi Pasar baru, Abah Turi mengaku belum tahu berapa harga sewa setiap bulannya.


"Saya dan rekan belum tahu , tapi kami berharap ditempat baru untuk biaya sewa kontraknya tidak terlalu mahal, bisa saimbang lah." harap Abah Turi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pasar Geledog Dewi Sartika Sukabumi Dibenahi Pasar Geledog Dewi Sartika Sukabumi Dibenahi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Januari 24, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads