Header AD

Marwan Hamami Terima Laporan Berbagai Kendala yang Dihadapi KPUD Kabupaten Sukabumi


TatarSukabumi.ID - KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Sukabumi menyerahkan data pemilih kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami di gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/1/2019).


Di kesempatan yang sama KPUD Kabupaten Sukabumi membahas beberapa hal jelang pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan April 2019 mendatang.


BACA JUGA : Apindo Serahkan Bantuan Stimulan Lanjutan Kepada Korban Longsor Cisolok


Ketua KPUD Kabupaten Sukabumi Feri Gustaman, membeberkan persiapan penyelenggaran pemilihan umum menyangkut pengadaan gudang logistik ditingkat Kecamatan dan berharap pihak Pemkab Sukabumi agar bisa memfasilitasi penyediaan gudang logistik.


Hal lainnya, Feri Gustaman meminta Dinas Komunikasi Informatika dan persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi untuk membantu KPUD pada Pemilu tahun 2019 dalam hal sosialisasi informasi tahapan Pemilu sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dari angka 64 % di Pilkada Gubernur tahun lalu, sementara saat ini target KPU Kabupaten Sukabumi jumlah partisipan mencapai 77,5 %.


Ketua KPUD Kabupaten Sukabumi Feri Gustaman / Foto : Dian Syahputra Pasi (22/1/2019)

Ketua KPUD Kabupaten Sukabumi Feri Gustaman / Foto : Dian Syahputra Pasi (22/1/2019)

Feri juga melaporkan beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi tercatat sebagai basis terendah dalam partisipasi Pemilu diantaranya Kecamatan Kalapanunggal Pabuaran dan Kecamatan Palabuhanratu.


BACA JUGA : Tidak Kalah Dengan Durian Luar Negeri, Bupati Janjikan Festival Tahunan Durian di Sukabumi


Dalam arahannya Bupati Sukabumi menyampaikan, bahwa sesuai dengan hak dan kewajiban komitmen dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi tidak harus diragukan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.


Menurut Marwan Hamami, untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi, diperlukan pemikiran bersama antara Perangkat Daerah bersama KPUD sehingga bisa menjawab berbagai persoalan yang dihadapi.


"Perlu metodologi khusus dan jelas dalam sosialisasi dilapangan, saya yakin kali ini (pemilu) tingkat kesukaran cukup tinggi, tidak ada foto 5 lembar cukup sulit. Jadi apa yang sudah digambarkan tinggal bagaimana persoalan agar bisa dikomunikasikan dan ditindaklanjuti," ujar Marwan Hamami, Selasa (22/1/2019).


BACA JUGA : Supaya On The Track, Pemkab Sukabumi Dikawal TP4D Kejaksaan Negeri Sukabumi


Terkait gudang Logistik Marwan Hamami menyatakan jika hal ini bukan sebuah kendala, "Hal hal lain saya pikir tidak akan ada kendala untuk penyimpanan logistik saya yakin bisa, karena hampir seluruh desa memiliki kantor serba guna. Saya akan instruksikan ke Camat dan Kades," ujar Marwan Hamami.


Saat dikonfirmasi terkait permasalahan tingkat partisipasi masyarakat, Bupati Sukabumi sedikit pesimis akibat beberapa wilayah yang cukup terpelosok.


"Tingkat partisipasi agak sulit di Sukabumi karena posisi daerah Sukabumi yang cukup luas dan beberapa wilayah cukup terpelosok," ujar Bupati Sukabumi.


Dalam arahan akhirnya orang nomor satu di Sukabumi telah menginstruksikan seluruh jajaran Camat untuk bisa mensukseskan Pemilu 2019 serta meminimalisir tingkat kerawanan yang terjadi, "Kita sudah amanatkan camat jika ada masalah di PPK camat-nya akan kita ganti," ungkapnya.


BACA JUGA : Cegah Aksi Vandalisme, Polres Sukabumi Gelar Mural Mengangkat Isu Millenial Road Safety Festival


Sementara itu Dinas Komunikasi Informatika dan persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Herdy Somantri menegaskan, secara tehnis DKIP siap membantu KPU dalam sosialisasi seluruh tahapan Pemilu.


Namun Herdi meminta KPUD Kabupaten Sukabumi untuk menyiapkan konten konten yang nantinya akan disosialisasikan.


"Kami tidak bisa mensosialisasikan tanpa adanya bentuk konten. Sampai hari ini kita masih menunggu, nantinya kita akan mengkomunikasikan sebagai bahan edukasi ke masyarakat," tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Marwan Hamami Terima Laporan Berbagai Kendala yang Dihadapi KPUD Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami Terima Laporan Berbagai Kendala yang Dihadapi KPUD Kabupaten Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 22, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads