Header AD

Longsor di Sinaresmi Cisolok Sukabumi Terjadi Saat Adzan Magrib di Penghujung Tahun 2018

Longsor di Cisolok Timbun Puluhan Rumah Warga Sinaresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi (31/12/2018) - TatarSukabumi.ID/Isep Panji

TatarSukabumi.ID - Penghujung tahun 2018 harus tertoreh dengan peristiwa bencana alam longsor yang menenggelamkan puluhan rumah di Sinarresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (31/12/2018).

Dugaan sementara longsor yang terjadi akibat dari sudah tidak produktifnya lahan tanah yang berada di atas perkampungan ditambah dengan intensitas hujan yang terus menerus mendera kawasan tersebutn selama beberapa hari kebelakang.

BACA JUGA : Waspada Pergerakan Tanah di Wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi

TatarSukabumi.ID yang berada di lokasi bencana langsung menemui salah satu saksi yang mengetahui langsung kerjadian longsor yang terjadi di  Sinaresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi,.

Hal itu disampaikan oleh Lukman, yang merupakan warga Kampung Cimapag.

Menurut Lukman, longsor terjadi tepat saat Adzan Magrib sekitar pukul 17.50 WIB disertai dengan suara gemuruh.

BACA JUGA : Longsor di Cisolok Sukabumi, Puluhan Rumah Tertimbun Proses Evakuasi Tengah Berjalan

"Waktu kejadaiannya tepat waktu magrib, jam enam lebih 5 menit pas Adzan," ucap Lukman.

"Terdengar suara gemetar seperti suara gempa gitu, dilihat pemukiman sudah rata terjadi longsor, saya langsung kesini," ujar Lukman dilokasi bencana Selasa (1/1/2019).

Banyak saudara yang belum ditemukan, Lukman, saksi dan warga sekitar yang ikut evakuasi warga Sinarresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi (31/12/2018) - TatarSukabumi.ID/Isep Panji

"Disini ada 33 KK dari 107 jiwa kalo dikatakan kenal hampir semua (warga) kenal bahkan bisa dikatakan masih saudara semua," jelasnya.

BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif

"Saat kejadian saya sedang di rumah, dikampung ini saudara semua, saat ini masih banyak korban yang belum ketemu,  setelah longsor saya langsung ke lokasi kejadian bantu mengevakuasi anak-anak," jelas Lukman.

"Semoga warga disini semuanya pada ketemu lah, yang belum ketemu mudah-mudahan ketemu," tutup Lukman.



Sampai dengan saat ini, Senin (1/1/2019) proses evakuasi terhadap pemukiman warga yang tertima longsoran masih terus dilakukan.

BACA JUGA : Update Terakhir Korban Bencana Longsor di Desa Sirnaresmi Cisolok Sukabumi

Kasi BPBD - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman sekira pukul 09.00 WIB pagi ini menjelaskan 28 warga masih dinyatakan hilang, dan 3 korban tertimbun telah ditemukan titiknya namun belum berhasil dievakuasi.

"Warga yang selamat 63 orang luka 5 orang, meninggal 2 orang data yang masih belum ditemukan ada 31 orang, yang 6 belum teridentifikasi. Hari ini yang ditemukan 3 orang tapi belum dievakuasi titiknya sudah kita ketemukan," ujar Eka Widiaman.

Evakuasi Longsor di Cisolok yang Timbun Puluhan Rumah Warga Sinaresmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi (31/12/2018) - TatarSukabumi.ID/Isep Panji

BACA JUGA : Pria Muda Ditemukan Tewas Telungkup di Pematang Sawah di Sukabumi

Eka Widiaman juga kembali menambahkan saat ini proses evakuasi terus dilakukan secara manual, karena alat berat masih belum sampai di lokasi bencana karena tidak bisa melalui akses jalan.

Reporter : Isep Panji
Editor : Ardi Kusuma

BACA JUGA : Longsor di Cisolok Sukabumi, Puluhan Rumah Tertimbun Proses Evakuasi Tengah Berjalan

(*)
Longsor di Sinaresmi Cisolok Sukabumi Terjadi Saat Adzan Magrib di Penghujung Tahun 2018 Longsor di Sinaresmi Cisolok Sukabumi Terjadi Saat Adzan Magrib di Penghujung Tahun 2018 Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads