Header AD

Korban Longsor Cisolok Tidak Dapat Bantuan, BPBD Sukabumi Tepis Isu yang Beredar

Lokasi Bencana Longsor Cisolok Sukabumi/ Foto : Isep Panji (7/1/2019)

Lokasi Bencana Longsor Cisolok Sukabumi/ Foto : Isep Panji (7/1/2019)


TatarSukabumi.ID - BPBD Kabupaten Sukabumi menilai komentar miring di media sosial (medsos) tentang masih ada korban yang tidak menerima bantuan serta pendistribusian logistik tidak merata dalam tragedi bencana Longsor Cisolok Sukabumi tidak beralasan.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyanggah isu miring yang beredar di Medsos.


Melalui Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman angkat bicara.


"Saya secara pribadi selalu ada dilokasi evakuasi, masalah logistik ada seksi lain yang mengelola, tidak benar isu yang beredar itu," ujar Eka Widianto, Minggu (6/1/2019).


BACA JUGA : Logistik Korban Longsor Cisolok Sukabumi Terus Mengalir, Hingga 3 Hari Kedepan BPBD Terus Distribusikan Kepada Pengungsi


Menurutnya hal ini hanya merupakan miskomunikasi akibat kepanikan yang terjadi dilapangan, namun Eka menegaskan pihaknya telah melakukan pendistribusian sesuai data dari pemerintahan desa setempat.


"Kalau memang ada, Saya minta maaf, Bencana ini menimbulkan kepanikan dan kekeliruan, data sasaran yang kami terima di ketahui desa dan kadus setempat," jelas Eka.


BACA JUGA : Masa Tanggap Darurat Bencana Longsor Cisolok Sukabumi Ditutup


"Berdasarkan kepala keluarga sebanyak 30 KK Korban dan 2 KK terdampak langsung, itu data dari desa," terang Eka.


"Masyarakat ini unik, mereka gak berani ngomong ada ewuh pakewuh. Malam ini kami mengambil video wawancara dengan RT pengelola bantuan dan pendistribusian logistik," ujar Eka kepada TatarSukabumi.ID.


Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman


Untuk korban yang di rawat di Rumah Sakit, Eka menegaskan bahwa seluruh tanggungan biaya menjadi tanggung jawab Pemkab Sukabumi.


"Kalau korban di rumah sakit tanggung jawab rumah sakit (pemkab) kalau sudah di pengungsian atau kembali ke keluarga tanggung jawab kami," tandasnya.


BACA JUGA : Komplek Terminal Cikembang Sukabumi Terbakar, Belasan Toko Ludes Terbakar


Saat ditanya langkah upaya lebih lanjut yang akan ditempuh BPBD terkait kisruh informasi pendistribusian logistik kepada akun penyebar kesimpangsiuran pendistribusian logistik Eka menyatakan engganan mempermasalahkannya.


"Gak punya kepentingan, kami sudah all out tentang ini, tapi kami akan menerima kritik yang membangun, ini pelajaran dan pengalaman buat kami untuk lebih baik," tandasnya.


Diketahui sebelumnya, Lereng Gunung Surandil anjlok mengakibatkan longsor hingga menimbun sedikitnya 30 rumah di Dusun Cimapag Kampung Garehong RT 05/04, Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Bencana yang terjadi tepat menjelang malam pergantian akhir tahun 2018 pekan lalu (31/12), mengakibatkan 32 jiwa meninggal dunia, 1 korban dinyatakan hilang, dan 1 korban mengalami luka berat.(*)


Reporter : Isep Panji / Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Korban Longsor Cisolok Tidak Dapat Bantuan, BPBD Sukabumi Tepis Isu yang Beredar Korban Longsor Cisolok Tidak Dapat Bantuan, BPBD Sukabumi Tepis Isu yang Beredar Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Januari 06, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads