Header AD

Kondisi Terkini Pergerakan Tanah di Cisolok, Warga Bertahan di Pengungsian


TatarSukabumi.ID - Sejak 2 hari terakhir, puluhan keluarga warga Kampung Bojong RT 02 dan RT 03 / RW 02, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi terpaksa mengungsi.


Puluhan keluarga hingga saat ini masih bertahan di pengungsian, hal ini akibat potensi pergerakan tanah melanda wilayah Kampung Bojong dan Gunung Bugis yang berada tepat dibagian sebelah atas Kampung, Rabu (23/1/2019).


Kampung Bojong terletak tidak jauh dari Kedusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi dimana sempat terjadi bencana longsor hebat beberapa waktu lalu hingga menelan 33 Korban jiwa.


BACA JUGA : Gunung Bugis, Potensi Longsor Kembali Mengancam Warga Cisolok Sukabumi


Meski sebagian warga telah kembali ke rumahnya, karena menilai cuaca aman tidak turun hujan, namun sebagian warga merasa waswas untuk tinggal ditempat rawan bencana longsor serta pergerakan tanah.


Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat telah memberikan himbauan kepada masyarakat Kampung Bojong untuk selalu waspada terlebih saat cuaca hujan.


BACA JUGA : Longsor dan Pohon Tumbang Hantam Rumah di Kota Sukabumi


Hal ini diungkap Camat Cisolok, Asep Mauludin saat ditemui TatarSukabumi.ID, Asep mengaku telah meberi himbauan kepada warga untuk tetap waspada.


"Setelah menerima info dari kades, Kami bersama tim Kecamatan langsung menuju lokasi serta mengecek langsung kerusakan rumah warga yang disebabkan oleh pergeseran tanah, tepatnya berada di Kampung Bojong RT 02 dan RT 03 / RW 02, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok," ujar Asep Mauludin, Rabu (23/1/2019).


Lebih jauh ungkap Camat, pasca pengecekan, sedikitnya 39 kepala keluarga dengan 120 jiwa yang terdampak dan rata rata telah mengamankan diri kerumah saudara atau tempat yang lebih aman.


BACA JUGA : Jambret Handphone Tabrakan di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi


"Ada 5 rumah warga yang paling terancam atas pergerakan tanah ini, antisipasi pertama kami menghimbau kepada masayarakat sekitar agar waspada dan hati hati saat beraktifitas di  tempat yang terdampak, terlebih bagi penghuni 5 rumah yang terancam apabila turun hujan masyarakat dihimbau untuk pergi ketempat lebih aman," tegasnya.


Sementara itu, Warga setempat berharap pengecekan dilakukan oleh Dinas terkait, untuk menganalisa kontur tanah sekaligus memberi solusi atas kejadian ini, karena sejumlah rumah warga mengalami kerusan pada bagian dinding, lantai, serta tanah yang mereka tinggali.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kondisi Terkini Pergerakan Tanah di Cisolok, Warga Bertahan di Pengungsian Kondisi Terkini Pergerakan Tanah di Cisolok, Warga Bertahan di Pengungsian Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Januari 23, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads