Header AD

Kasus Take Over Kredit Mobil, BPSK Kota Sukabumi Gelar Sidang

Urman Rumansa (tengah) jalani sidang sengketa perkara take over kredit mobil di BPSK Kota Sukabumi / Foto : Dian Syahputra Pasi

Urman Rumansa (tengah) jalani sidang sengketa perkara take over kredit mobil di BPSK Kota Sukabumi / Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Sidang permasalahan sengketa konsumen digelar Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Sukabumi, Jumat (25/1/2019).


Setelah sebelumnya Urman Rumansa (30) warga Kampung Salagombong Desa Babakan Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi mengadukan salah satu Perusahaan Pembiayaan mobil ke BPSK yang berada dibawah Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Kota Sukabumi.


BACA JUGA : Kasus Buruh di Cicurug Berbuntut Panjang, Buruh Ancam Bupati DPRD dan Disnaker


Informasi yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID permasalahan mencuat pasca ditariknya Mobil yang berada ditangan Urman Rumansa oleh Pihak leasing.


Penarikan mobil bukan tidak mendasar, ditengarai dalam kurun 7 bulan terakhir mobil yang masih dalam proses cicilan tidak disetor sehingga pihak leasing melakukan penarikan unit.


Kepada TatarSukabumi.ID Urman mengakui bahwa dirinya bukan pemilik atas nama mobil yang tercatat didalam kontrak akad kredit, namun Urman berdalih merasa tertipu karena mobil merupakan hasil over kredit dari atas nama pemilik mobil bernama Markus.


"Saya merasa tertipu, telah keluar uang sebesar 30 juta, sekarang ditarik oleh leasing. Mobilnya dari pak Markus orang Cicurug," ujar Urman, Jumat (25/1/2019).


BACA JUGA : Tabrakan Maut di Cicurug Diduga Tabrak Lari, Alumnus 87 SMPN 1 Cicurug Minta Ketua DPRD Sukabumi Desak Kepolisian Tangkap Pelaku


Lebih jauh menurut Urman, Pihaknya sengaja meminta perlindungan ke BPSK, untuk memediasi permasalahan ini.


"Saya beritikad baik, dengan persidangan di BPSK ini saya siap membayar tunggakan yang 7 bulan dan semoga terjalin kerjasama dari pihak BCA Finance Sukabumi agar bisa mengembalikan mobil," tutur Urman.


BACA JUGA : Longsor dan Banjir Kepung Cikidang Sukabumi Akses Jalan Utama Desa Bunisari Tertutup Longsor


Sementara itu, ditemui ditempat yang sama, perwakilan dari pihak perusahaan, Didi selaku Koordinator BCA Finance kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan Pihaknya memenuhi panggilan BPSK untuk menjalani sidang, namun seharusnya permasalahan diselesaikan dengan pihak atas nama pemilik mobil yang tercatat didalam kontrak kredit.


"Ya kita sebenarnya kalo sama Pak Urman kita tidak ada apa apa, tidak ada kontrak sama pak Urman, kita ada kontrak sama pak Markus. Makanya kita tadi jelaskan kita tidak ada kontrak," ujar Didi.


"Itu mobilnya informasi dari pak Urman, mobilnya di over kredit dibawah tangan dari pak Markus. Hasil sementara (sidang) belum ada, nanti akan ada sidang susulan hari kamis atau jumat," jelas Didi.


BACA JUGA : Gaji Belum Dibayar Buruh PT Sentosa Utama Garmindo Turun Kejalan, Jalan Raya Sukabumi - Bogor Macet


Saat dikonfirmasi akan kasus sama yang marak terjadi di Sukabumi, Didi menghimbau masyarakat untuk lebih berhati hati dalam menerima gadai maupun take over kendaraan yang masih dalam proses cicilan.


"Kami menghimbau masyarakat bila mendapat gadai atau over kredit segera laporkan ke pihak leasing biar kita proses take over resmi, soalnya kasian juga kepada masyarakat apabila terima gadai atau over tidak resmi kalau gak disetor ditarik karena undang undang fidusia-nya jelas." tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Kasus Take Over Kredit Mobil, BPSK Kota Sukabumi Gelar Sidang Kasus Take Over Kredit Mobil, BPSK Kota Sukabumi Gelar Sidang Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Januari 25, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads