Header AD

Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harga 500 Ribu Perbuah

Durian Gandaria asal Cikakak Sukabumi / Foto : Rudi Imelda

Durian Gandaria asal Cikakak Sukabumi / Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID - Berbicara buah Durian, bagi para penggemar buah berduri merupakan hal yang biasa.


Namun pernahkah terbayang dibenak para penikmat Durian untuk merasakan sensasi menikmati buah berduri yang harga perbuahnya mencapai 500 ribu rupiah.


BACA JUGA : Perubahan Rancangan Runaway dan Luas Lahan Bandara Sukabumi, Ikral : Kita Berharap Bandara Didarati Pesawat Jenis Air Bus


Tapi itulah faktanya, buah Durian jenis yang satu ini digadang gadang sebagai Buah istimewa dengan julukannya Durian Gandaria asal Desa Sukamaju, Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Penasaran, dengan buah berduri yang sangat terkenal membuat para penggemar tergila-gila karena rasanya yang khas cukup berbeda dengan varian Durian lainnya.


BACA JUGA : 7 Peristiwa Penting Bersejarah di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


Saat ditelisik lebih jauh, beberapa perbedaan didapati dari Si Gandaria, dengan kontur buah yang lembut, rasa manis yang berbeda serta ujung buah berwarna keunguan disetiap ujung durinya.


Durian Gandaria asal Cikakak Sukabumi / Foto : Rudi Imelda

Durian Gandaria asal Cikakak Sukabumi / Foto : Rudi Imelda


Durian Si Gandaria ditengarai merupakan buah peninggalan masa kolonial Belanda, saat ini jumlah pohonnya hanya terbilang sedikit dan bisa dihitung dengan jari dikawasan Cikakak Palabuhanratu, dan Konon buah ini tidak ada dibelahan Sukabumi lainnya.


BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif


Desa Sukamaju Cikakak merupakan sentra buah Durian yang terkenal di Sukabumi dengan beberapa varian lain selain Gandaria yakni jenis Matahari, Mentega, dan Durian Coklat.


Harga kerabat Si Gandaria berkisar di 80 ribu hingga 150 ribu rupiah setiap buahnya.


Namun untuk harga Durian Gandaria rata - rata di bandrol mulai 250 ribu hingga 500 ribu rupiah perbuah.


BACA JUGA : Band Asal Sukabumi Dikeroyok di Jakarta, 2 Orang Dinyatakan Hilang


Petani Durian Cikakak kepada TatarSukabumi.ID mengaku pohon Durian Gandaria terbilang langka, dari 1 kebun sangat beruntung bisa dijumpai 1 hingga 2 pohon saja.


Namun saat ini beberapa varietas keturunan Si Gandaria cukup menjadi andalan Cikakak walau hanya keturunan namun citarasanya masih bisa mengalahkan rasa Durian dari wilayah manapun.


"Sejak jaman Belanda Durian Cikakak sudah terkenal juga sudah di ekspor, saking enaknya mereka Sinyo - Sinyo menamakannya dengan durian IM (sensor/kemaluan wanita) isinya lembut, bijinya kecil dan kuning seperti mentega," ungkap Petani Durian Gandaria asal Cikakak Sukabumi.(**)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harga 500 Ribu Perbuah Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harga 500 Ribu Perbuah Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 15, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads