Header AD

Hujan Es di Sukabumi Fenomena Alam Biasa, Inilah Penjelasannya

Hujan Es /Foto : Pixabay

Fenomena Hujan Es /Foto : Pixabay


TatarSukabumi.ID - Fenomena Hujan Es terjadi dibeberapa wilayah Sukabumi sore kemarin Jumat (11/1/2019).


Hal ini sempat membuat heboh masyarakat hingga beberapa netizen mengupload beberapa video serta foto fenomena hujan es di Sukabumi.


BACA JUGA : Waspada Pergerakan Tanah di Wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi


Beberapa warga menganggap hal ini sebagai berita hoak, saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman tidak menyangkal fenomena hujan es dibeberapa wilayah Kabupaten Sukabumi.


"Sukabumi kembali berduka, beberapa peristiwa fenomena alam hujan angin di sertai Es terjadi di beberapa wilayah, Bojonggenteng, Kalapanunggal, Cikidang," ujar Eka Widiaman kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (11/1/2019).


BACA JUGA : Pohon Tumbang Timpa Rumah, Rumah Hancur Nenek Lansia Terluka


Saat ditelisik lebih jauh mengenai fenomena hujan es, ternyata di Indonesia kejadian fenomena alam hujan es merupakan hal biasa yang kerap terjadi.


Seperti dikutip TatarSukabumi.ID dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan es merupakan fenomena alam biasa yang bisa dijelaskan secara ilmiah, dalam ilmu meteorologi hujan es juga disebut dengan istilah hail.


BACA JUGA : Heboh Fenomena Hujan Es di Sukabumi


Hujan es biasanya terjadi pada saat hujan lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang cukup singkat.


BMKG menjelaskan hujan es hanya terjadi dikawasan lokal dengan luasan 5 hingga 10 Kilometer.


Fenomena hujan es biasanya terjadi pada musim transisi atau pancaroba dan kemungkinan kecil untuk terjadi dilokasi yang sama.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Hujan Es di Sukabumi Fenomena Alam Biasa, Inilah Penjelasannya Hujan Es di Sukabumi Fenomena Alam Biasa, Inilah Penjelasannya Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Januari 12, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads