Header AD

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Pandangan Longsor Cisolok Melalui Kacamata Arsitek

Lokasi Bencana Longsor Cisolok Sukabumi / Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau langsung Lokasi Longsor yang melanda 30 rumah di Kampung Cimapag Desa Sinaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/1/2019).


Kang  Emil Arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) sekaligus memegang gelar Master of Urban Design dari University of California menilai pemukiman warga yang tertimpa Longsor Cisolok Sukabumi secara posisi keberadaan rumah yang terdampak telah sesuai.


"Hari ini juga kita lihat rumah-rumah itu tidak di lereng, jadi sebenarnya secara kearifan lokal posisinya sudah menyesuaikan," ujar Ridwan Kamil kepada TatarSukabumi.ID, Rabu (2/1/2019).


BACA JUGA : Ridwan Kamil Sebut 550 Kasus Longsor di Jawa Barat


Dari kaca matanya, Kang Emil menilai bencana yang menimpa kawasan Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, diduga akibat tanah yang tidak kuat menahan debit air akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil

"Yang terjadi adalah ada aliran air yang mungkin ekstrim terus menerus sehingga tanahnya menjadi labil sehingga terjadi longsoran yang menggelinding akhirnya menghabiskan satu kampung yang sebenarnya secara posisi sudah berada di tanah yang datar," jelas RK.


BACA JUGA : Miris, Bayi Korban Petaka Longsor Cisolok Sukabumi, Ibu Luka Ayah Meninggal Dunia


Saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID terkait upaya penanggulangan Pasca bencana, RK menegaskan Pemprov Jabar akan berupaya maksimal dalam proses evakuasi korban.


"Kami akan terus melakukan upaya, tidak akan berhenti sampai Insya Allah seluruh yang hilang bisa ditemukan dan oleh karena itu mohon doanya dari seluruh masyarakat Jawa Barat, juga masyarakat Indonesia," janji RK.


BACA JUGA : Bocah 8 Tahun Korban Longsor Cisolok Sukabumi, Ibu Meninggal Dunia 6 Anggota Keluarga Hilang


Ridwan Kamil mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam proses evakuasi korban bencana Longsor Cisolok Sukabumi.


"2018 itu saya renungkan memang tahun yang bencananya paling banyak luar biasa, menjadi refleksi kita juga untuk hidup lebih bijaksana lebih arif dan tentunya terimakasih kepada mereka yang sudah bersimpati dan berempati," tandasnya. (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Pandangan Longsor Cisolok Melalui Kacamata Arsitek Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Pandangan Longsor Cisolok Melalui Kacamata Arsitek Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Januari 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads