Demo Buruh Cicurug Belum Berujung, Perusahaan Masih Nunggak Bayar Gaji Karyawan

Rabu, 06 Februari 2019 - 00:00 WIB

Demo Buruh Cicurug Belum Berujung, Perusahaan Masih Nunggak Bayar Gaji Karyawan
Demo Buruh Cicurug Belum Berujung, Perusahaan Masih Nunggak Bayar Gaji Karyawan
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Menyusul aksi yang terus digelar sejak pertengahan Januari lalu, hari ini ratusan Karyawan PT Sentosa Utama Garmindo (SUG) Cicurug kembali menggelar aksi menagih pembayaran gaji yang selama 2 bulan belum dibayar oleh Pihak Perusahaan, Senin (28/1/2019).


Dari pantauan TatarSukabumi.ID sekira pukul 10.00 WIB Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi mendatangi Pabrik PT SUG yang berada di Kampung Caringin Karet Desa Nyangkowek Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


BACA JUGA : Kades Jambenenggang Kebonpedes Dilaporkan Warganya ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi


Agus Mulyadi didampingi Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Dadeng Nazaruddin naik ke mobil komando dan sempat memberikan statement-nya.


Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi menegaskan jika hari ini akan ada pembayaran kepada Buruh.


Selanjutnya Ketua DPRD bersama Disnakertrans dan perwakilan buruh melakukan pertemuan bersama pihak perusahaan.


BACA JUGA : Gaji Tidak Dibayar, Buruh Ancam Duduki Pendopo Sukabumi


Sementara itu, disela pertemuan, Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Dadeng Nazaruddin kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan Kita pertemuan dengan pihak terkait.



“Sampai saat ini kawan-kawan buruh tetap solid, masih tetap menunggu bagaimana komitmen pemerintah yang mana hari ini pemerintah cukup lengkap ada Dinas Perindustrian, Perizinan dan ketua DPRD juga hadir, Saya pikir kehadiran mereka itu bisa mewakili pemerintah daerah, kemudian dari unsur pengusaha, buyer nya juga ada saya pikir persoalan PT Sentosa ini sudah kumpul semua kalau memang mereka secara serius mau menyelesaikan mestinya selesai,” ujar Dadeng, Senin (28/1/2019).


BACA JUGA : Diduga Bangkrut, Perusahaan Garmen di Cicurug Bayar Gaji Telat Janji Jual Kain


Lebih jauh Dadeng menjelaskan, “Kita pengen hari ini perusahaan membayarkan gaji bulan Desember 2018, kemudian denda keterlambatan pembayaran gaji di bulan Desember itu kita meminta juga karena sudah akhir bulan juga pihak pengusaha perusahaan juga segera mempersiapkan pembayaran untuk bulan Januari 2019,”


“Kita dapat info bahwa ada uang satu miliar hitungan kita dan hitungan manajemen bahwa upah di bulan bulan Desember itu di 1,9 milyar untuk pemenuhan gaji bulan Desember, tadi didiskusikan oleh kawan-kawan bahwa satu miliar itu berarti baru rata-rata separuh mereka hanya mendapatkan separuhnya, kesimpulannya bahwa sampai saat ini kalau memang benar ada uang satu miliar kawan-kawan buruh akan bawa itu,” jelas Dadeng kepada TatarSukabumi.ID.


BACA JUGA : Kasus Buruh di Cicurug Berbuntut Panjang, Buruh Ancam Bupati DPRD dan Disnaker


Saat dikonfirmasi terkait isu ketidak mampuan Perusahaan dalam melanjutkan produksi, Ketua GSBI angkat bicara.


“Kalau memang perusahaan mau tutup karena tidak mampu untuk menjalankan ya tutup aja, dan kita pun sudah hitung-hitung untuk berapa pesangon sebagai kompensasi buat para buruh. Harapan kedepan harus ada penyelesaian gaji dan kepastian keberlangsungan para buruh kembali bekerja,” tandasnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi / Asep M-Rhe



Close Ads X