Header AD

Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Curug Cimarinjung merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.


Curug Cimarinjung menjadi satu dari beberapa Air terjun yang menjadi destinasi andalan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang terletak di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Curug Cimarinjung, berada dialiran Sungai Cimarinjung, Desa Ciemas, dengan ketinggian lebih dari 50 meter yang berada pada ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut (Mdpl).


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Curug ini dikenal juga dengan nama Curug Go'ong (air terjun gong), hal ini disebabkan sebuah legenda masyarakat sekitar yang menyebutkan kawasan Cimarinjung merupakan sebuah keraton alam ghaib tempat peminjaman peralatan gamelan, konon yang tersisa hanya sebuah Gong yang masih tersembunyi di dalam curug tersebut, Dimana di hari-hari tertentu terdengar alunan suara Gong.

Dialiran Sungai yang sama dengan Curug Cimarinjung masih terdapat dua Curug lain yang berukuran lebih kecil, yakni Curug Dogdog (sejenis gamelan gendang) yang bentuknya panjang seperti dogdog alat musik tabuh tradisional dari Jawa Barat, dan Curug Nyelempet, karena aliran airnya sempit-sempit, diambil dari bahasa sunda nyelempet.


BACA JUGA : 7 Peristiwa Penting Bersejarah di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


Waktu terbaik untuk menikmati wisata air terjun di Sukabumi ini adalah saat debit air sedang tinggi, debit air Curug Cimarinjung cukup deras di musim penghujan.

Pemandangan air mengalir deras dari air terjun setinggi sekira 50 meter ini akan menjadi atraksi alam yang luar biasa yang menghasilkan embun.


BACA JUGA : Tidak Kalah Dengan Durian Luar Negeri, Bupati Janjikan Festival Tahunan Durian di Sukabumi


Selain air terjun, batuan tebing berwarna merah kecokelatan yang sebagian menempel tumbuhan hijau diantara tebing air terjun.



Menambah keindahan dua bongkah batu berukuran besar yang mengapit tepat diujung aliran air terjun.


Perlu diketahui untuk menikmati keindahan Air terjun ini, pengunjung tidak dikenakan tarip / tiket masuk, pengunjung hanya memberi uang parkir serta uang pengganti kebersihan kepada petugas jaga se-ikhlasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Januari 19, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads