Header AD

BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometrologi Hingga 30 Januari 2019

Foto : Ilustrasi / TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan himbauan waspada terhadap potensi Bencana Hidrometeorologi dibeberapa wilayah Indonesia terhitung mulai tanggal 23 hingga 30 Januari 2019.


BMKG kembali menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan siaga dalam menghadapi puncak periode musim hujan 2019 khususnya akan dampak curah hujan tinggi yang berpotensi memicu Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang yang meningkat hingga akhir Januari 2019.


BACA JUGA : Potensi Curah Hujan Meningkat, Waspadai Bencana Hidrometeorologi


Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada Selasa (22/01), terpantau masih terdapat aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Jawa, Kalimantan, Bali, NTB hingga NTT.


Bersamaan dengan itu, masih kuatnya Monsun Dingin Asia beserta hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia menyebabkan tingkat penguapan dan pertumbuhan awan cukup tinggi.


BACA JUGA : Potensi Pasang Air Laut hingga 22 Januari Mendatang di Beberapa Wilayah Indonesia


Seperti dikutip TatarSukabumi.ID, BMKG mendeteksi adanya daerah pertemuan angin yang konsisten dalam beberapa hari terakhir memanjang dari wilayah Sumatera bagia Selatan, Laut Jawa, Jawa Timur, Bali, hingga NTB dan NTT.


Sumber Foto : BMKG


Secara khusus, BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) di Jakarta memonitor terdapat tiga bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia.


Salah satu bibit siklon yang saat ini berada di Laut Timor ( 94S) berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam 3 hari kedepan dan mengakibatkan potensi cuaca ekstrem berupa angin kencang yang dapat mencapai diatas 25 knot terjadi di wilayah Indonesia seperti Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.


BACA JUGA : Hujan Es di Sukabumi Fenomena Alam Biasa, Inilah Penjelasannya


Berikut ini adalah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat untuk periode 23 hingga 26 Januari 2019 diantaranya, Aceh, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.


Sumber Foto : BMKG


Sedangkan Wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 27 hingga 30 Januari 2019, antara lain, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengara, Maluku, Papua Barat, Papua.


BACA JUGA : BNNK Sukabumi Bangun Leuit di Kampung Adat Korban Longsor Cisolok Sukabumi


Tidak hanya hujan lebat, masyarakat nelayan dan warga pesisir juga perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi air laut yang diprediksi bisa mencapai ketinggian 2.5 hingga 4.0 meter.


Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan terjadi pada akhir Januari 2019 ini.(*)


Sumber : BMKG
Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometrologi Hingga 30 Januari 2019 BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometrologi Hingga 30 Januari 2019 Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Januari 22, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads