Loading...

TMMD ke-103 Sukabumi, TNI Ruh Pemberdayaan dan Gotong royong di Masyarakat

Jumat, 26 Oktober 2018 - 00:00 WIB

TMMD ke-103 Sukabumi, TNI Ruh Pemberdayaan dan Gotong royong di Masyarakat
TMMD ke-103 Sukabumi, TNI Ruh Pemberdayaan dan Gotong royong di Masyarakat


TMMD ke-103 Kodim 0607 Sukabumi TNI Manunggal bersama Rakyat - Foto : Isep Panji (15/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Upacara pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 Kodim 0607 Sukabumi dengan tema TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis dengan inspektur upacara Bupati Sukabumi dan Komandan Upacara Mayor Cpl Yusuf yang diikuti 1000 personil TNI, Senin [15/10/2018].


Bupati Sukabumi dalam sambutannya menyatakan pelaksanaan TMMD tahun 2018 ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional  (RPJMN) 2015-2019 pada buku I Agenda Pembangunan Nasional khususnya pada bab 5 memberikan penjabaran tentang strategi dalam pembangunan nasional.




Bupati menjelaskan, RPJMN didalamnya terdapat tiga dimensi pembangunan antara lain, dimensi pembangunan manusia dan masyarakat, merupakan pembangunan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat yang menghasilkan manusia-manusia unggul juga mempunyai mental dan karakter yang tangguh dengan perilaku yang positif dan konstruktif.


Dimensi kedua merupakan pembangunan sektor unggulan dengan prioritas ialah pembangunan kedaulatan pangan, kedaulatan energi kemaritiman dan Kelautan, dan pariwisata dan industri.


Dimensi ketiga merupakan pemerataan dan kewilayahan pembangunan bukan hanya untuk kelompok tertentu tetapi untuk seluruh masyarakat di seluruh wilayah dalam hal dimensi pemerataan dan kewilayahan.




Menurut Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Pemkab Sukabumi akan senantiasa terus berusaha menciptakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi termasuk diantaranya dengan adanya program TMMD yang mempunyai ruh pemberdayaan dan gotong royong didalam melaksanakan pembangunan dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah TNI dan masyarakat.


Peran penting Pemerintah desa yang menjadi salah satu unsur pendorong utama dalam pencapaian pemerataan pembangunan di Kabupaten Sukabumi, dengan salah satu agenda prioritas nasional yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah Desa dalam kerangka negara kesatuan.


Hal tersebut selaras dengan harapan Pemkab Sukabumi yang dijabarkan dalam peraturan daerah Kabupaten Sukabumi nomor 4 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2016 2001 dimana RPJMD tersebut merupakan penjabaran visi misi kebijakan dan program yang akan dilaksanakan pada masa sekarang dan masa yang akan datang guna mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri.




Kegiatan TMMD tahun 2018 dengan tema semangat sinergitas kita tingkatkan kemanunggalan TNI rakyat guna mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI, dengan tema tersebut membuktikan adanya keselaranan antara Program Kabupaten Sukabumi dan Program TNI guna mendukung terhadap pencapaian Strategi Pembangunan Nasional dan daerah khususnya
pencapaian pembangunan di Daerah Kabupaten Sukabumi.




Dengan Kegiatan TMMD yang Ke-103 ini diharapkan dapat mewujudkan pembangunan yang melibatkan masyarakat secara swadaya dan menggiatkan kembali ruh gotong royong yang selama ini sudah mulai memudar.


Kegiatan TMMD ini diharapkan menjadi pengikat hubungan yang sangat erat antara pemerintah, TNI dan masyarakat sebagai kekuatan utama dalam menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.




Pembangunan yang dilaksanakan dalam Program TMMD Ke-103 Tahun 2018 yang dilaksanakan di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit meliputi pembangunan fisik dan non fisik yang meliputi, Pengaspalan jalan, Pembangunan rabat beton, Pembangunan plat beton, Pembangunan tembok penahan tanah, pembangunan posyandu, rehabilitasi posyandu, Rehabilitasi rumah tidak layak huni, Rehabilitasi MCK dan Rehabilitasi masjid dilingkungan warga.


Dalam TMMD ke103 juga dilaksanakan. Pembangunan Non Fisik meliputi Penyuluhan Bela Negara, Wawasan kebangsaan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pendidikan luar sekolah (pertanian, perkebunan, keluarga berencana, narkoba). (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi