Header AD

Banjir Bandang Terjang Cikidang 140 Jiwa Mengungsi

Banjir bandang di Cikidang Sukabumi / Foto : Isep Panji (24/1/2019)

Banjir bandang di Cikidang Sukabumi / Foto : Isep Panji (24/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Banjir bandang melanda Kampung Cikidang, Desa/Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Akibat hujan dengan intensitas tinggi, air Sungai Cikidang tiba tiba meluap dan merendam sejumlah rumah warga, sekira pukul 17:33 WIB, Kamis (24/1/2019).


BACA JUGA : Cibadak Sukabumi Kembali Dilanda Banjir


Ketinggian air dibeberapa lokasi terparah diperkirakan mencapai 1 meter merendam puluhan rumah serta fasilitas gedung pendidikan dan fasilitas umum lainnya di 4 ke-RT-an Desa Cikidang.


Meski tidak menelan korban jiwa, namun banjir bandang mengakibatkan sedikitnya 32 Keluarga dengan total 144 jiwa terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman.


BACA JUGA : Potensi Curah Hujan Meningkat, Waspadai Bencana Hidrometeorologi


Dari 144 pengungsi, 43 orang pengungsi terdiri dari kalangan anak anak serta pelajar.


Data yang diterima TatarSukabumi.ID dari Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi tercatat, 20 bocah masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), 15 Pelajar tingkat SMP, dan 8 Pelajar tingkat SMA.


BACA JUGA : Cikidang Banjir, Tinggi Air mencapai 1 Meter


BPBD Kabupaten Sukabumi telah berkoordinasi dengan Muspika dan Pemerintah Desa setempat untuk melakukan asesmen dilokasi kejadian.


Penanganan dan batuan yang paling dibutuhkan bagi para pengungsi adalah hunian sementara serta perlengkapan anak usia sekolah dan kebutuhan dasar tanggap darurat.


Sementara itu, Ridwan (50) warga RT 2/ RW2 Cikidang, mengaku terpaksa tidur dilokasi banjir saat air surut untuk menjaga barang barang sementara Istri dan 2 orang anaknya terpaksa diungsikan.


"Terpaksa saya tidur disini kalau air mulai surut, keluarga ngungsi. Kami berharap ada perhatian dan solusi bagi warga dari dinas terkait," harapnya.(*)


Reporter : Isep Panji

Editor : Dian Syahputra Pasi

Banjir Bandang Terjang Cikidang 140 Jiwa Mengungsi Banjir Bandang Terjang Cikidang 140 Jiwa Mengungsi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Januari 24, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads