Header AD

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cibadak, 212 Jiwa Mengungsi

Longsor dan Banjir terjang Cibadak // Foto : Isep Panji

Longsor dan Banjir terjang Cibadak // Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Bencana tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi Senin (28/1) lalu di Desa Neglasari Cibadak menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi.


Sedikitnya 53 Keluarga dengan jumlah 212 Jiwa yang terdampak bencana saat ini masih mengungsi mengisi 5 tenda pengungsian dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Rabu (30/1/2019).


BACA JUGA : Rawan Bencana Sukabumi SAR Daerah Pantau Beberapa Wilayah Potensi Bencana


Camat Cibadak Lesto Rusadi saat ditemui dilokasi bencana kepada TatarSukabumi.ID mengatakan banjir dipicu oleh meluapnya Sungai Cicareuh dan Sungai Cileutik dampak dari intensitas hujan yang cukup tinggi.


"Sejumlah rumah yang berada di bantaran Sungai terendam akibat luapan sungai Cicareuh dan Cileutik. 5 rumah warga terancam longsor, dan mengalami kerusakan retak retak," ujar Lesto, Rabu (30/1/2019).


BACA JUGA : Kondisi Terkini Pengungsi Cisolok Sukabumi Terancam Penyakit


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, nampak dilokasi bencana, Komunitas Yatnawati Kertini (YK) dari Jakarta memberikan bantuan berupa makanan Sembako serta pakaian bagi para korban bencana.


Komunitas Yatnawati Kertini (YK) memberikan sumbangan banjir. dan Longsor Cibadak // Foto : Isep Panji

Komunitas Yatnawati Kertini (YK) memberikan sumbangan banjir. dan Longsor Cibadak // Foto : Isep Panji


Kegiatan sosial ini disambut baik oleh Camat Cibadak, Lesto memberikan apresiasi tinggi bagi Komunitas yang telah membantu warganya.


Lesto Rusadi berharap Masyarakat untuk tetap waspada dan berhati hati mengingat cuaca yang cukup ekstrem yang melanda beberapa wilayah Sukabumi.


BACA JUGA : 2 Jembatan di Bantargadung Sukabumi Ambruk


Diberitakan sebelumnya, akibat hujan dengan intensitas tinggi sepanjang hari Senin (28/1) lalu, warga dua Kampung di Desa Neglasari Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi dilanda Banjir.


Banjir merendam puluhan rumah warga yang tinggal di bantaran Sungai Cicareuh diantaranya Kampung Ciroway dan Kampung Cicadas Desa Neglasari Cibadak.


BACA JUGA : Kondisi Terkini Pengungsi Cisolok Sukabumi Terancam Penyakit


Saat bencana, ketinggian air mencapai selutut orang dewasa bahkan dibeberapa tempat ketinggian air mencapai satu meter.


Tidak hanya banjir, sejumlah rumah mengalami retak diduga akibat pergerakan tanah serta longsor dari bukit di sekitar hunian warga.


Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun puluhan keluarga terpaksa mengisi tenda pengungsi yang disediakan BPBD dan Dinsos Sukabumi.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cibadak, 212 Jiwa Mengungsi Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cibadak, 212 Jiwa Mengungsi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Januari 30, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads