Bangun Rumah Korban Longsor Cisolok Baznas Kabupaten Sukabumi Alokasikan Dana 150 Juta

Selasa, 15 Januari 2019 - 00:00 WIB

Bangun Rumah Korban Longsor Cisolok Baznas Kabupaten Sukabumi Alokasikan Dana 150 Juta
Bangun Rumah Korban Longsor Cisolok Baznas Kabupaten Sukabumi Alokasikan Dana 150 Juta
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Bencana Longsor yang terjadi di Kampung Cigarehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Sukabumi mengundang keprihatinan dan empati dari berbagai kalangan.


Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Sukabumi, U Ruyani kepada TatarSukabumi.ID menyatakan Pihaknya akan menyalurkan bantuan kepada Korban Longsor Cisolok Sukabumi pada hari Kamis ini (3/1/2019).


BACA JUGA : Kendala Tim Pencari Korban Longsor Cisolok Sukabumi Hari ke-4 Proses Evakuasi


Ditemui di kantornya Rabu kemarin (2/1) Ketua Baznas menyebutkan, Baznas memiliki BTB - BAZ (Baz Tanggap Bencana).


"Begitu kejadian hari pertama, besoknya mereka sudah langsung ke lapangan, ada 2 orang dibantu dengan yang dari Kecamatan dan standby sampai dengan hari ini," ujar Ruyani.


BACA JUGA : Pemetaan Lokasi Longsor Cisolok Sukabumi, 3600 Meter Dibagi 6 Sektor


Ketua Baznas menerangkan bahwa secara kelembagaan hingga saat ini belum mendistribusikan bantuan kepada korban bencana longsor Cisolok, namun dalam waktu dekat Baznas akan segera melakukan penggalangan dana yang akan diserahkan kepada korban Longsor Cisolok Sukabumi.


"Terus terang BAZ akan memberikan bantuan baru kamis secara simbolis pada kegiatan HAB (Hari Amal Bhakti) memberikan bantuan sebesar 150 juta dalam bentuk uang," jelas Ruyani.


BACA JUGA : RK Akan Diskusikan Bangun Rumah dan Siapkan Pekerjaan Bagi Korban Longsor Cisolok Sukabumi


Bantuan yang akan diserahkan rencananya akan dialokasikan bagi proses pemulihan infrastruktur untuk membangun tempat tinggal korban bencana.


"Bantuan yang diserahkan ini nanti untuk proses pemulihan pembangunan rumah, dan tentu diharapkan dari pihak lain ikut membantu, karena apalah artinya 150 juta, jika melihat korban yang mencapai 30 rumah, tapi Insya Allah jika dibantu dengan pihak yang lain seperti Pemda dan para Agnia," harap Ruyani.


BACA JUGA : Reni Marlinawati : Lokasi Longsor Cisolok Sukabumi Tidak Memungkinkan Untuk Dihuni Kembali


Selain bantuan dalam bentuk bantuan uang tunai, Baznas akan menyerahkan bantuan lain dalam bentuk pakaian dan kebutuhan pokok lainnya.



"Baznas akan memberi bantuan yang sifatnya spontan, tapi saya sudah berapa kali kontak kepada teman yang disana jangan dulu karena kalau yang spontan disini (lokasi bencana)  juga sudah cukup mungkin nanti ada pakaian layak pakai selimut akan kita berikan," imbuhnya.


BACA JUGA : Longsor, KA Pangrango Rute Bogor - Sukabumi Tertahan


Langkah lain yang akan ditempuh Baznas dalam rangka penggalang bantuan bagi korban bencana longsor Cisolok Sukabumi dengan membuat himbauan serta ajakan kepada masyarakat luas untuk turut andil dalam penanganan korban longsor.


"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, Agnia yang memiliki rizki lebih agar mau berinfaq dan mudah-mudahan bisa dikumpulkan oleh Baznas, kemarin sudah ada dari salah satu universitas sebesar 5 juta enam ratus ribu, mudah-mudahan dari yang lainnya juga akan segera menyusul," pungkas Ruyani.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X