Header AD

Bahaya Longsor Susulan, BPBD Pasang Early Warning System di Gunung Surandil

EWS alat pendeteksi longsor dipasang di Gunung Surandil / Foto : Isep Panji (4/1/2019)

EWS alat pendeteksi longsor dipasang di Gunung Surandil / Foto : Isep Panji (4/1/2019)


TatarSukabumi.ID - Intensitas hujan dan tingginya timbunan material longsor serta khawatir terjadinya longsor susulan menjadi salah satu hambatan bagi Satgas Terpadu Tim Gabungan dalam melakukan penanganan pencarian dan evakuasi korban bencana tanah longsor di Kampung Cigarehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Sukabumi Jawa Barat.


Dalam keterangan Presnya, diwakili oleh Dir Ops Basarnas, Budi Purmana menjelaskan, Satgas terpadu yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Relawan serat unsur unsur lain telah menurunkan beberapa alat berat dan menggunakan metode pencarian untuk mempermudah dalam melakukan proses pencarian dan evakuasi korban, jelas Budi tadi malam, Kamis (3/1/2019).


BACA JUGA : Laporan Terkini Proses Evakuasi dan Korban Bencana Longsor Cisolok Sukabumi


"Metode yang digunakan yaitu dengan 2 alat berat excavator, 5 pompa air, metode ketiga secara manual, jika memang indikasi korban sudah dipastikan ada di lokasi tersebut sehingga perlahan kita bisa mengangkat dan melakukan evakuasi dari timbunan longsor tersebut," jelas Dir. Ops Basarnas, Budi Purmana dihadapan awak media, Kamis (3/1/2019).


Tingginya timbunan material longsor serta bahaya Longsor susulan menjadi hambatan serius bagi Satgas Gabungan untuk ekstra hati-hati, "Longsoran tanah tersebut 3 sampai 6 meter menutup daripada bangunan rumah," jelas Budi.


BACA JUGA : Akibat PHK Massal dan Laporan Perusahaan Rekanan PT SCG, F-Hukatan KSBSI Geruduk Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sukabumi


Dilokasi yang sama, Kolonel Inf. M. Hasan selaku Dandim koordinator pelaksaaan penanganan korban bencana mengatakan untuk mendeteksi bahaya longsor susulan pihaknya telah memasak alat sebagai pendeteksi longsor.


"Mulai hari ini bahwa kami sudah memasang EWS (Early Warning System) dari BPBD Banjarnegara, kami pasang mahkotanya pada titik longsoran tersebut, fungsinya adalah untuk mendeteksi  pergerakan tanah sampai dengan 10 meter ke atas itu dapat terdeteksi oleh alat tersebut, dengan mengeluarkan sinyal bunyi alarm dan lampu jika malam hari dan itu sangat berguna untuk mendeteksi jika ada longsor susulan," jelasnya.(**)


Reporter : Isep Panji / Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Bahaya Longsor Susulan, BPBD Pasang Early Warning System di Gunung Surandil Bahaya Longsor Susulan, BPBD Pasang Early Warning System di Gunung Surandil Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Januari 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads