Header AD

12 Sekolah SDN di Sukabumi Akan Digabungkan Menjadi 6 Sekolah, Ini Alasannya

Proses Lanjutan penggabungan 2 Sekolah menjadi satu di Sukabumi / Foto : Rapik Utama

Proses Lanjutan penggabungan 2 Sekolah menjadi satu di Sukabumi / Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi melakukan sosialisasi lanjutan dalam rangka penguatan proses agenda merger (penggabungan) antara dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Sukabumi.


Rencananya merger atau difusi dilakukan antara SDN I Cibeureum Wetan dengan SDN II Cibeureum Wetan yang berlokasi di Kampung Cibeurem Wetan Desa Selawangi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : 6 Pelajar Meninggal Dunia Dalam Bencana Longsor Cisolok Sukabumi, Dinas Pendidikan dan PGRI Buka Posko Bantuan


Ketua Dewan Pendidikan kabupaten Sukabumi Sadili Samsudin saat dikonfirmasi usai rapat menjelaskan upaya merger dilakukan dalam rangka mengantisipasi upaya kekurangan pengajar dan efisiensi anggaran.


"Ya memang itu masalah merger sudah lama menjadi program Pemda Kabupaten Sukabumi dalam rangka mengantisipasi upaya kekurangan pengajar dan efisiensi anggaran agar tepat sasaran melalui regrouping itu tadi ,' ujar Sadeli kepada TatarSukabumi.ID, Jum'at [4/1/2019].


BACA JUGA : Anak Korban Longsor Cisolok Sukabumi, Himpaudi Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Turut Berduka


Ditemui ditempat yang sama, Kepala Seksi Kesiswaan SD Disdik Kabupaten Sukabumi, Maman Supratman menyampaikan berdasarkan beberapa kriteria, selain jarak lokasi sekolah yang berdekatan hanya terpisah 100 meter serta jumlah pelajar yang di nilai perlu untuk digabungkan.


"Siswa SDN I Cibeureum Wetan sebanyak 74 dan SDN II Cibeureum Wetan berjumlah 274 siswa, program ini adalah lanjutan merger dari 12 sekolah se-kabupaten Sukabumi. Kami berharap program ini kelak bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan, mengatasi permasalahan serta mengefesiensikan anggaran pendidikan serta kinerja dari pegawai negeri sipil atau tenaga honorer," Beber Maman.


BACA JUGA : 1 Jam Telat Respon Masyarakat, Marwan Hamami Ancam Geser Pejabat Sukabumi


Hadir dalam acara ini, Camat Sukaraja Yudi Mulyadi melontarkan hal yang sama melihat kondisi kedua sekolah yang berdekatan dengan jumlah murid dan prestasi yang berbeda.


"Kami mendorong adanya program merger antara dua sekolah Cibereum wetan I dan II agar bisa digabung supaya bisa efesien dalam proses efektivitas kegiatan pembelajaran disamping keterbatasan guru. diharapkan dengan pengabungan bisa menjadi satu terobosan dalam rangka meningkatkan prestasi siswa serta peserta didik agar lebih berkualitas," jelas Yudi Mulyadi.


BACA JUGA : Di Sukabumi, Jembatan Gantung Warna-warni Cimandiri Berbayar


"Saya kira unsur masyarakat setuju, teknisnya tinggal dinas pendidikan bisa membimbing dan mengarahkan agar program ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga warga masyarakat merasakan manfaat kualitas pendidikan yang lebih baik lagi," tandasnya.


Acara dihadiri Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Unsur PGRI, FKKS (Forum Komunikasi Komite Sekolah), Koordinator Pelayanan Pendidikan (koryandik), unsur guru kedua sekolah, Camat dan Pemerintahan desa Selawangi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.(adv)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

12 Sekolah SDN di Sukabumi Akan Digabungkan Menjadi 6 Sekolah, Ini Alasannya 12 Sekolah SDN di Sukabumi Akan Digabungkan Menjadi 6 Sekolah, Ini Alasannya Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Januari 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads