Warga Palabuhanratu Sulap Sampah Jadi Tanaman Hias

Senin, 31 Desember 2018 - 00:00 WIB

Warga Palabuhanratu Sulap Sampah Jadi Tanaman Hias
Warga Palabuhanratu Sulap Sampah Jadi Tanaman Hias
Banner Dalam Artikel

Tanaman hias berbahan dasar limbah sampah / Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cibodas Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi terus berupaya untuk melakukan inovasi dalam program penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


Salah satu program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang dilakukan BUMDes Cibodas adalah kegiatan merubah sampah menjadi hasil karya bernilai jual.


BACA JUGA : Perubahan Rancangan Runaway dan Luas Lahan Bandara Sukabumi, Ikral : Kita Berharap Bandara Didarati Pesawat Jenis Air Bus


Didanai Dana Desa (DD) dalam program prioritas penggunaan Dana Desa, sesuai aturan Permendesa PDTT No 19 tahun 2017 BUMDes Cibodas menghasilkan kerajinan aneka tanaman hias berbahan dasar sampah plastik.


Pengolahan hasil seni berbahan dasar sampah ini telah berjalan selama 2 bulan terakhir yang saat ini dikelola oleh 4 warga pengrajin setempat.


BACA JUGA : Dalang Sukabumi Dinobatkan Sebagai Dalang Pinilih se-Jabar


Ditemui TatarSukabumi.ID, Alep Bonang Pengurus BUMDes Cibodas menjelaskan kerajinan hiasan bunga ini menggunakan bahan dasar daur ulang dari limbah kayu dan sampah plastik.


"Awalnya kami terinspirasi oleh tumpukan sampah dan limbah kayu di Desa Cibodas. setelah berdiskusi kami mencoba membuat hiasan bunga dari bahan daur ulang," ujar Bonang, Selasa [25/12/2018].


BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Borong 6 Penghargaan Tingkat Provinsi Jabar


Hasil kerajinan ini, didistribusikan dengan harga variatif dan terjangkau hanya berkisar 150 hingga 300 ribu rupiah tergantung jenis ukuran.


"Kami berharap mendapat pembinaan dari pemerintah daerah, untuk bisa mendorong usaha perekonomian serta pemberdayaan, agar masyarakat Cibodas tidak terjerat lilitan rentenir atau bank emok," ungkapnya.


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X