Header AD

Upah Tidak Layak dan BPJS, KP2TKI Ancam Laporkan Perusahaan ke Disnakertran Kabupaten Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Sidak yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Unsur Kecamatan Cikembar dan lembaga KP2TKI (Komite Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)  Kabupaten Sukabumi di Peternakan ayam CV Lestari Unggas Jaya di Desa Parakanlima, Cikembar - Sukabumi, Jum'at kemarin [28/12] menemukan beberapa permasalahan.


Selain pengurusan perizinan perusahaan yang diduga menyalahi aturan, persoalan upah tenaga kerja serta BPJS menjadi sorotan Komite Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.


BACA JUGA : Sidak Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Peternakan Ayam di Cikembar Diduga Tidak Kantongi Izin


Komite Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia menilai upah tenaga di Perusahaan peternakan ayam CV Lestari Unggas Jaya dinilai tidak sesuai aturan undang undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.


"Upah tenaga kerja disini tidak layak, pekerja digaji sebesar 27.500 maksimum 30 ribu perhari,"


"Giliran kewajiban pekerja delapan (8) jam kerja sehari. tapi kewajiban perusahaan membayar upah tidak sesuai aturan ketenagakerjaan, bayangkan UMK Sukabumi diatas dua juta lima ratus ribu rupiah," ujar Iwan Tri Setiadi Ketua Divisi Tenaga Kerja Dalam Negeri KP2TKI Kabupaten Sukabumi, Jumat (28/12/2018).


BACA JUGA : KP2TKI Desak Pemkab Sukabumi Selesaikan Masalah Perizinan Perusahaan Peternakan Ayam


Ketua Divisi Tenaga Kerja Dalam Negeri KP2TKI Kabupaten Sukabumi lebih jauh menjelaskan dengan upah yang tidak layak, karyawan peternakan tidak dimungkinkan mendapat jaminan kesehatan BPJS ketenagakerjaan.


Lebih jauh lagi, hal ini nantinya hanya akan menguntungkan pihak perusahaan namun merugikan Negara, karena pekerja akhirnya ditanggung kesehatannya oleh JKS - KIS.


BACA JUGA : Berita Hoak Tsunami, Ujunggenteng Nyaris Tak Ada Pengunjung


"Jumlah karyawan sekitar 70-80 orang ,
sekarang bagaimana bicara fasilitas BPJS kalau upahnya saja tidak sesuai, otomatis mereka gunakan KIS yang dijamin Pemerintah,"


"Bila mereka sakit yang bayar Negara, bila pekerja disini sehat yang senang pengusaha swasta, dimana keselarasan ini, menurut aturan sudah wajib (BPJS ketenagakerjaan) dan disarankan adanya serikat (buruh)," jelas Ketua Divisi Tenaga Kerja Dalam Negeri KP2TKI Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Jalur Leter S Cikidang Sukabumi Dipasang Roller Barrier Dari Korea


Atas temuan persoalan upah kerja dan BPJS di Peternakan ayam CV Lestari Unggas Jaya, Komite Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia akan mengadukan permasalahan ini ke  Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Sukabumi.


Saya akan adukan perihal ini kepada Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Sukabumi, agar secepatnya dilakukan inspeksi ke perusahaan ini dan didalam memperjuangkan masalah ini kami didukung 8 lembaga, untuk menjaga bilamana ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi," tegas Iwan.(**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Upah Tidak Layak dan BPJS, KP2TKI Ancam Laporkan Perusahaan ke Disnakertran Kabupaten Sukabumi Upah Tidak Layak dan BPJS, KP2TKI Ancam Laporkan Perusahaan ke Disnakertran Kabupaten Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Desember 29, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads