Header AD

Tergerus Zaman, Dulu Primadona Kini Bersaing Dengan Angkot Ojek dan Ojol

Komarudin Tukang Becak di Pasar Cibadak / Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - "Dulu Becak merupakan alat transportasi primadona pengangkut barang maupun penumpang, saat ini hanya 10 becak yang aktif di Cibadak, dulu sekitar tahun 70'an hampir disetiap gang ada yang narik becak,".


Hal itu diungkap Komarudin seorang Kakek berusia 72 tahun warga Desa Nagrak Utara Kecamatan Nagrak yang kesehariannya bekerja menganyuh becak di bilangan pusat Kota Cibadak Kabupaten Sukabumi, Minggu [16/12/2018].


BACA JUGA : Longsor di Sukabumi, 3 Rumah, 2 Sekolah, Jalan Penghubung 2 Desa Tertimbun Longsor Hingga Lumpuh Total


Komarudin Kakek dengan 3 anak serta 3 cucu setiap harinya sejak pukul 09.00 hingga petang mengais rejeki menarik siroda tiga di bilangan Pasar Cibadak.


Pekerjaan ini telah digelutinya sejak puluhan tahun silam, hingga bisa menyekolahkan putera puteranya.


BACA JUGA : Tol Bocimi Pintu Cigombong, Minim Rambu Petunjuk Arah dan Durasi Traffic Light Penyebab Kemacetan


Komarudin mengisahkan pengalamannya sejak tahun 70 hingga tahun 90'an, dirinya setiap hari berjalan dari kediamannya di Nagrak Utara ke Pasar Cibadak.


"Dulu tidak ada kendaraan, Saya jalan, becak dititipkan dibelakang toko samping pasar, hampir 20 tahun setiap hari jalan tidak ada angkot," kenang Komarudin.


BACA JUGA : Janji RK Pasang Roller Guardrail di Jalur Rawan Cikidang, Dikyasa Polres Sukabumi : Jenisnya Tidak Sesuai Spesifikasi


Kepada TatarSukabumi.ID, Komarudin mengaku rata rata berpenghasilan 70 ribu rupiah setiap harinya, dewasa ini alat transportasi becak telah jarang digunakan.


Komarudin mengaku awalnya mempunyai banyak pelanggan yang menggunakan jasanya, namun saat ini, becak bersaing dengan angkot dan ojek pangkalan, bahkan persaingan bertambah dengan ojol (ojek online) selain itu masyarakat dewasa ini nyaris semuanya memilik kendaraan bermotor.


"alhamdulillah cukup untuk makan sehari hari, yang penting niat bekerja iklas, halal," ujar Komarudin.


BACA JUGA : Dugaan Korupsi 3,9 M Program BPNT Sukabumi Seret Oknum Bulog Cianjur, Tidak Tertutup Kemungkinan Tersangka Bertambah


Menurut Komarudin, becak saat ini hanya menjadi alat transportasi penarik bahan makanan, belanjaan, kotak telor, terigu, ke warung sekitar pasar cibadak.


"Paling hanya 10 becak di Cibadak, tapi gak sampai semua beroperasi karena pemiliknya sudah pada sepuh (tua)." ungkapnya.(**)


Penulis : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tergerus Zaman, Dulu Primadona Kini Bersaing Dengan Angkot Ojek dan Ojol Tergerus Zaman, Dulu Primadona Kini Bersaing Dengan Angkot Ojek dan Ojol Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Desember 16, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads