Header AD

Sidak Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Peternakan Ayam di Cikembar Diduga Tidak Kantongi Izin

Sidak peternakan yang diduga tidak kantongi izin di Sukabumi / Foto : Rapik Utama (28/12/2018)


TatarSukabumi.ID - Diduga tidak mengantongi izin Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi bersama unsur kecamatan Cikembar dan lembaga KP2TKI Kabupaten Sukabumi lakukan
sidak ke perusahaan peternakan ayam CV Lestari Unggas Jaya yang berdomisili di wilayah Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Jum'at [28/12/2018].


Kepala dinas peternakan kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan kepada TatarSukabumi.ID usai mengklarifikasi masalah perizinan kepada pihak perusahaan mengungkapkan akan membawa permasalahan ini untuk ditindak lanjuti ke tingkat Kabupaten.


"Masalah ini akan dibawa ke Dinas Peternakan untuk dibahas, terutama proses peralihan ijin nama kepemilikan, selanjutnya hasil dari dinas kita akan bawa ke tim kabupaten, nanti dikabupaten semua OPD terkait akan kita undang untuk berikan saran dan masukannya agar sesegera mungkin ditindak lanjuti masalah perijinannya," tegas Iwan Karyawan, Jum'at [28/12/2018].


BACA JUGA : Pengacara Kasus Dugaan Korupsi BPNT di Sukabumi Layangkan SP3 ke Kejagung Tembusan Kejari Kabupaten Sukabumi


Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi berdasarkan data peralihan, perusahaan sejak kurun waktu satu tahun diduga tidak melaksanakan kewajiban untuk mengurus perijinan.


"Pendaftaran perijinan atas nama CV Lestari Unggas Jaya (LUJ) belum masuk dinas peternakan, karena dari nama perusahaan lama OG menjadi CV LUJ, untuk itu kita akan adakan suatu pembinaan secara bertahap, karena kitapun kalau kehilangannya mereka (pengusaha) akan rugi juga pada masyarakat, minimal dia lebih paham akan masalah perijinan," beber Kadis Peternakan.


Sidak peternakan yang diduga tidak kantongi izin di Sukabumi / Foto : Rapik Utama (28/12/2018)


Saat dikonfirmasi awak media, akan permasalah yang diduga melanggar aturan, Iwan menjelaskan, "Kalau lihat aturan ini sedikit melanggar ,untuk sanksi kita tidak miliki kewenangan ,itu ranahnya tim dan Satpol PP ," tegas Iwan dihadapan staff Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Perubahan Rancangan Runaway dan Luas Lahan Bandara Sukabumi, Ikral : Kita Berharap Bandara Didarati Pesawat Jenis Air Bus


Ditemui dilokasi kandang, Apin pekerja yang sekaligus sebagai orang kepercayaan dari pemilik CV Lestari Unggas Jaya saat sidak yang dilakukan Dinas terkait mengungkapkan dirinya tidak tahu menahu soal perizinan.


"Saya hanya pekerja perwakilan pengusaha ternak, baru bekerja tujuh bulan memegang bidang teknis, untuk masalah perijinan saya tidak tahu," ujar Apin.


"Pemilik asli perusahaan ini adalah Wijaya asal Kalimantan, produksi peternakan dalam sehari hasilkan panen sebanyak 80 ribu telur atau 5 ton telur, dari kapasitas 120 ribu ekor ayam terdiri  21 kandang dengan kapasitas perkandang 7000 ekor," beber Apin dihadapan staff Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Ditutup


Sementara itu, ditemui disekitar lokasi kandang, beberapa warga disekitar lingkungan mengaku sedikit terganggu akibat bau kotoran ayam.


Warga pekerja di Perusahaan yang sempat diwawancarai awak media mengaku mendapat upah sebesar 27,500, hingga 30 ribu rupiah perhari.


Seperti diungkap salah seorang pegawai, "Saya digaji jadi pekerja harian lepas sebesar 30 ribu perhari ," ucapnya. (*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Sidak Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Peternakan Ayam di Cikembar Diduga Tidak Kantongi Izin Sidak Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Peternakan Ayam di Cikembar Diduga Tidak Kantongi Izin Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Desember 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads