Header AD

Peringati HDI, Yani Djatnika Marwan : Tidak Ada yang Istimewa dari Difabel

Ketua P2TP2A Sukabumi, Yani Djatnika Marwan berikan kursi roda bagi difabel / Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Peringatan Hari Difabel Internasional (HDI) yang telah ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun1992 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas sekaligus meningkatkan awareness serta kepedulian masyarakat luas akan keberadaan penyandang disabilitas.


Tidak ada kata terlambat, HDI ke-16 tahun 2018 yang diperingati setiap tanggal 3 Desember setiap tahunnya, hari ini diselenggarakan dengan meriah di Pusat perbelanjaan Toserba Selamat Sukabumi.


Acara ini diinisiasi LSM Bareta (Barisan Evakuasi Tanggap Bencana) Sukabumi bekerja sama dengan Baznas (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sukabumi, Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan Pihak terkait lainnya, Minggu [16/12/2018].


BACA JUGA : Tergerus Zaman, Dulu Primadona Kini Bersaing Dengan Angkot Ojek dan Ojol


Hadir dalam acara, Istri Bupati Sukabumi sekaligus selaku Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi, Hj Yani Djatnika Marwan dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya akan kegiatan ini.


"Saya bukan mewakili Bupati tapi sebagai Istri Bupati, dan ini menjadi tugas ketika P2TP2A saya punya tanggung jawab hadir untuk acara ini," ujar Istri orang nomor satu di Sukabumi, Minggu (16/12/2018).


Ketua P2TP2A  berharap kegiatan ini nantinya bisa diselenggarakan sejalan dengan program pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, "Kita harus berkolaborasi dengan pemerintah, kita tiap tahun juga memperingati HDI, mudah mudahan setiap tahun kita bisa bersinergi," ujar Yani Djatnika Marwan.


BACA JUGA : Perlu Revitalisasi, Pemkab Sukabumi Kekurangan Data Seni dan Kebudayaan


Dalam sambutannya Yani Djatnika Marwan menegaskan, tidak ada perbedaan (Diskriminatif) terhadap penyandang disabilitas, Pemerintah Daerah Sukabumi akan senantiasa menyokong difabel untuk mendapat kehidupan yang layak serta pemberdayakan difabel dalam setiap program Pemkab Sukabumi.


"Inna akromakum indallaha atqokum sesungguhnya yang mulia disisi Allah adalah orang yang bertaqwa (tidak ada dikriminasi). Ketika kita berbicara disabilitas, tidak ada yang istimewa antara penyandang disabilitas atau tidak (normal), yang istimewa dimata Allah adalah nilai ketakwa'an kita," ungkap Istri Bupati Sukabumi.


BACA JUGA : Gubernur Sebagai Wakil Pemerintahan Pusat, Ridwan Kamil Dengar Curhat Pemerintah Daerah


Pemkab Sukabumi akan terus mendukung pemberdayaan difabel, tidak hanya memberikan bantuan alat bantuan bagi penyandang difabel (kursi roda/tongkat/alat dengar) Pemkab Sukabumi juga berupaya memberikan pelatihan kerja hingga permodalan bagi penyandang disabilitas.


"Melihat hasil produk kaum difabel, Inilah yang harus dimunculkan harus menjadi life stile, setiap orang diberikan bahan talen, serta kelebihan. Jangan baperan kita harus jadi orang yang kuat sabar dan iklas," ungkap Yani Djatnika Marwan.


BACA JUGA : Janji RK Pasang Roller Guardrail di Jalur Rawan Cikidang, Dikyasa Polres Sukabumi : Jenisnya Tidak Sesuai Spesifikasi


Dalam acara ini, Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi memberikan 10 unit kursi roda dari BAZNAS kepada penerima manfaat secara langsung.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, dalam acara yang dihadiri ratusan penyandang disabilitas ini dsisemarak dengan beberapa penampilan kreasi seni dan puisi hingga bazar hasil produksi dan kreativitas penyandang disabilitas Sukabumi.


BACA JUGA : Dugaan Korupsi 3,9 M Program BPNT Sukabumi Seret Oknum Bulog Cianjur, Tidak Tertutup Kemungkinan Tersangka Bertambah


Sementara itu, Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Sukabumi, U Royani dalam sambutannya menegaskan Pihaknya selalu terbuka untuk seluruh masyarakat Sukabumi.


"Setiap usulan akan kami respon, apabila ada keluarga yang membutuhkan bantuan siapapun (difabel/tidak) akan kami bantu, Doakan kami agar amanah dalam mengemban tugas," ungkap U Royani.(**)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Peringati HDI, Yani Djatnika Marwan : Tidak Ada yang Istimewa dari Difabel Peringati HDI, Yani Djatnika Marwan : Tidak Ada yang Istimewa dari Difabel Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Desember 16, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads