Header AD

Panen Padi di Sukabumi Surplus 13 Persen, Cadangan Beras 2018 Aman

Marwan Hamami terima laporan hasil panen hingga tahun 2018 / Foto : Rapik Utama


TatarSukabumi.ID - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi melaporkan hasil panen komoditi padi hingga akhir tahun 2018 di Kabupaten Sukabumi, Jumat (21/12/2018).


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Sudrajat kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami melaporkan kondisi panen padi periode bulan Nopember hingga Desember dari areal 9159 hektar lahan di Kabupaten Sukabumi mencapai 34.295 ton.


BACA JUGA : Hari Migran Internasional 2018 di Sukabumi, Jusuf Kalla : Cara Memakmurkan Bangsa Adalah Meningkatkan Lapangan Kerja Dalam Maupun Luar Negeri


Sedangkan kebutuhan padi di Kabupaten Sukabumi mencapai 21 ribu ton sehingga terdapat surplus sebanyak 13 ribu ton lebih.


"Posisi cadangan beras untuk Kabupaten Sukabumi terbilang aman walaupun di musim panceklik" ujar Sudrajat, Jumat (21/12/2018).


BACA JUGA : BSI Sukabumi Sosialisasikan Trend Transaksi e-Money dan Fintech


Dalam Program Percepatan Penanganan Desa Rawan Pangan melalui pengaturan pendistribusian pangan, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, menegaskan tiga hal yang harus diperhatikan yakni kebutuhan pangan, distribusi pangan dan produksi pangan.


“Ketigal hal tersebut harus terpenuhi, guna mewujudkan ketahanan pangan, salah satu upaya menjaga ketahan pangan adalah membangun sistem distribusi pangan secara kelembagaan dengan membangun gudang - gudang penyimpanan karena saat ini pemerintah Kabupaten Sukabumi baru memiliki satu gudang penyimpanan yang ada di Jampang Tengah" beber Marwan Hamami.


BACA JUGA : 7 Aspek Penting Penyesuaian Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat


Menurut Bupati, upaya mewujudkan ketahanan pangan tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor internal maupun eksternal yang terus berubah secara dinamis.


"Perlu diantisipasi dan diatasi melalui kerjasama yang sinergis dan harmonis antar seluruh stakeholder dalam mewujudkan ketahanan pangan, Kepala Desa dan Camat harus bisa mencermati kondisi di wilayahnya , karena demografi dan tofografi wilayah memiliki karakter yang berbeda.”ungkapnya.(**)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Panen Padi di Sukabumi Surplus 13 Persen, Cadangan Beras 2018 Aman Panen Padi di Sukabumi Surplus 13 Persen, Cadangan Beras 2018 Aman Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Desember 21, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads