Header AD

Mengerikan, Pergerakan Tanah Ancam 36 Rumah di Jampang Tengah, Warga Kukuh Bertahan Tidak Mau Direlokasi

Pergerakan tanah ancam 36 rumah di Jampang Tengah Sukabumi / Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Bencana pergerakan tanah hingga mengakibatkan longsor mengakibatkan 1 bangunan rumah ambruk rusak berat terbawa material longsor sementara 3 bangunan lainnya mengalami rusak sedang di Kampung Cilimus RT 29 dan 30 RW 05 Desa Nangerang Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Tidak hanya itu, setidaknya 33 rumah lain ikut terancam akibat bencana pergerakan tanah.


Bencana pergerakan tanah ini terjadi pada senin lalu (10/12) diduga akibat hujan dengan intensitas cukup tinggi dalam dua pekan terakhir.


BACA JUGA : Pohon Tumbang Timpa 2 Mobil di Jalan Raya Sukabumi - Bandung


Camat Jampang Tengah, Sabar Suka saat ditemui TatarSukabumi.ID diruang kerjanya mengungkapkan Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanggulangan pasca bencana di wilayahnya.


Namun menurut Camat Jampang Tengah, hingga saat ini warga masyarakat kukuh bersikeras bertahan dan menolak untuk direlokasi dari kampungnya.


"Kita sudah berupaya mengajak warga supaya dievakuasi, pemerintah desa sudah menyediakan lahan tanah negara untuk relokasinya, dan BPBD juga sudah akan mengupayakan hal ini, tapi saat ini kesadaran masyarakat masih sangat kurang alasannya lahir disitu mati pun gapapa," ungkap Sabar Suka, Kamis (13/12/2018).


BACA JUGA : Mengerikan dan Tragis Pengakuan Saksi Hidup Bus Maut Cikidang


Hingga saat ini aparat kecamatan masih melakukan upaya membujuk warga setempat agar bisa direlokasi.


Sabar Suka menegaskan Pemerintah telah berupaya menyiapkan lahan seluas 6 hektare bagi korban pergerakan tanah.


"Itu sebenarnya siap untuk menampung satu kedusunan juga, jadi nanti kalau masyarakat sudah siap kita akan ajukan ke kabupaten, mudah mudahan kabupaten menyanggupi meski tidak ada dana dari kabupaten anggaran bisa diupayakan dari BPMPT pusat," tandasnya. (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Mengerikan, Pergerakan Tanah Ancam 36 Rumah di Jampang Tengah, Warga Kukuh Bertahan Tidak Mau Direlokasi Mengerikan, Pergerakan Tanah Ancam 36 Rumah di Jampang Tengah, Warga Kukuh Bertahan Tidak Mau Direlokasi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Desember 13, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads