Header AD

KPU Kabupaten Sukabumi Didemo Mahasiswa

KPU Kabupaten Sukabumi Didemo GMNI / Foto : Isep Panji (4/12/2018)


TatarSukabumi.ID - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sukabumi menggelar aksi didepan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi yang berada di komplek ruko gaya Ika di jalan raya Siliwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa [4/12/2018].


Dalam aksi ini, Mahasiswa menilai KPU Kabupaten Sukabumi tidak proforsional dalam menjalankan tugasnya, hal lainnya adalah anggota KPU dinilai telah melanggar sumpah janji jabatan saat dilantik, serta dinilai tidak cermat dalam membuat sebuah keputusan, dan hal terakhir Mahasiswa menilai KPUD tidak berkualitas dan berintegritas karena mengabaikan ketentuan perundang-undangan tentang kepemiluan, ungkap Mahasiswa dalam orasinya.


BACA JUGA : Aksi Protes Warga 2 Desa Kepada PT SCG, Pasang Tiang Gawang di Tengah Jalan


Salah satu hal yang memicu aksi ini  didasari atas temuan serta beberapa ketimpangan, salah satunya terkait Alat peraga Kampanye (APK) oleh KPUD kabupaten Sukabumi yang dinilai melanggar aturan serta penempatan APK yang tidak sesuai dengan aturan.


Hal itu terbukti dari beberapa tempat terdapat APK yang dipasang dibangunan yang dilarang diantaranya  di kantor desa ataupun bangunan Sekolah.


BACA JUGA : Kaki Palsu dari Jokowi Belum Terpakai, Adul Masih Merangkak


"Kita menemukan beberapa titik pelanggaran di Desa Buniwangi, Cibolangkaler, dan Bantaralkalong. KPU telah menabrak PKPU 23 tahun 2018.dengan adanya kantor desa dan sekolah dalam pemasangan APK. Padahal, sudah jelas di dalam PKPU dilarang memasang APK di tempat milik pemerintah dan sekolah," ujar Ketua GMNI Sukabumi Abdullah Mashudi, Selasa (4/12/2018).


Massa aksi menegaskan, semua pelanggaran tersebut bersumber dari kesalahan yang dilakukan komisioner KPU Kabupaten Sukabumi sehingga GMNI Sukabumi akan melaporkan kejadian tersebut, "Kita akan coba laporkan ke Bawaslu, DKPP ataupun KPU-RI," tegas Abdullah Mashudi.


BACA JUGA : Alih-alih atasi Stunting, Puluhan Bocah SDN Bantargebang Keracunan Massal


Sementara itu, Ketua Komisioner KPUD  Kabupaten Sukabumi, Feri Gustaman menjelaskan beberapa hal kepada massa aksi.


"Terkait dugaan pelanggar yang ditemui di beberapa tempat salah satunya di Desa Buniwangi kecamatan Pelabuhan Ratu, terkait APK, kita sudah sosialisasi. kepada peserta pemilu agar cermat memasang  alat peraga, yang menilai pelanggaran Peserta pemilu bukan kita, tapi Bawaslu namun sejauh ini belum rekomendasi dari Banwaslu kepada kita," pungkasnya.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID aksi ini dikawal ketat oleh jajaran  anggota Kepolisian Resor Sukabumi, TNI serta anggota Sat Pol PP.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

KPU Kabupaten Sukabumi Didemo Mahasiswa KPU Kabupaten Sukabumi Didemo Mahasiswa Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Desember 04, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads